Agus Widjojo Dilantik Jadi Dubes RI di Filipina, Gubernur Lemhannas Diisi Plt

Kamis, 13 Januari 2022 - 07:44 WIB
loading...
Agus Widjojo Dilantik Jadi Dubes RI di Filipina, Gubernur Lemhannas Diisi Plt
Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo mengatakan setelah dilantik menjadi Duta Besar (Dubes) LBBP Republik Indonesia (RI) posisi Gubernur Lemhannas diisi pelaksana tugas (Plt). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia (RI) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/1/2022). Salah satu yang dilantik adalah Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo , sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau.

Agus menyatakan dirinya tak lagi menjabat Gubernur Lemhannas. Selain itu, posisi Gubernur Lemhannas diisi pelaksana tugas (Plt). “Tidak (lagi menjabat Gubernur Lemhannas). Tugas dan kewenangan sudah saya serahkan kepada Wagub (Lemhannas) Marsdya TNI Wieko Syofyan sebagai Plt," ujar Agus kepada wartawan, Rabu (12/1/2022). Baca juga: Presiden Jokowi Lantik Agus Widjojo Jadi Dubes RI untuk Filipina

Agus mengatakan dirinya telah menerima surat pemberhentian dari Gubernur Lemhannas pada Selasa (11/1/2022). "Sudah ada (surat pemberhentian). Sekaligus penunjukan Wagub sebagai Plt. Kemarin (diterima) tanggal 11/1," katanya.

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 4/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia (RI). Presiden Jokowi kemudian mengambil sumpah jabatan yang diikuti oleh para dubes.

"Bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh, akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Jokowi diikuti para dubes.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan melakukan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat."

"Dan saya akan memenuhi dengan setia segala kewajiban lain-lain yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan Duta Besar Luar Biasa Dan Berkuasa Penuh,” demikian kutipan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi yang diikuti para dubes. Baca juga: Agus Widjojo: Bung Karno Mendirikan Lemhanas RI sebagai Candradimuka Calon Pemimpin

Berikut Dubes LBBP yang dilantik Presiden Jokowi:

1. Sunarko, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Sudan, berkedudukan di Khartoum.

2. Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau, berkedudukan di Manila.

3. Fientje Maritje Suebu, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue, berkedudukan di Wellington.
(kri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0975 seconds (10.55#12.26)