Kemenkes Sebut Vaksinasi Booster di Hari Pertama Berjalan Lancar

Kamis, 13 Januari 2022 - 05:04 WIB
loading...
Kemenkes Sebut Vaksinasi Booster di Hari Pertama Berjalan Lancar
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah memulai penyuntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 ( booster ) pada 12 Januari 2022. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pelaksanaan hari pertama penyuntikan vaksinasi berjalan dengan lancar.

Baca juga: Karyawan Meta Boleh Kembali WFO, Asal Sudah Suntik Booster Covid-19

"Belum (ada laporan kendala). Ya so far berjalan lancar," kata Siti Nadia saat dihubungi, Kamis (13/1/2022).



Ditanyakan berapa jumlah masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi booster di hari pertama, Nadia mengaku belum mendapatkan jumlah detailnya. Dia memastikan, daerah-daerah yang memenuhi kriteria telah melaksanakan penyuntikan vaksinasi.

"Datanya (jumlah yang divaksinasi booster) belum terinfo. Daerah-daerah yang sudah memenuhi kriteria(telah melaksanakan) yakni minimal 70% dosis 1 seluruh sasaran dan 60% dosis lansia," ucapnya.

Dalam rangka meningkatkan kekebalan masyarakat menghadapi Covid-19, pemerintah memperluas cakupan vaksinasi booster. Dari yang sebelumnya hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, saat ini diberlakukan bagi masyarakat luas.

Namun begitu, vaksinasi booster yang dimulai hari ini akan diprioritaskan bagi masyarakat lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan. Selain itu juga diberikan secara gratis.

Sementara syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk calon penerima vaksin dosis ketiga ini adalah, sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari enam bulan sebelumnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)