Jokowi Sebut Vaksin Booster Penting karena Covid-19 Terus Bermutasi

Selasa, 11 Januari 2022 - 14:26 WIB
loading...
Jokowi Sebut Vaksin Booster Penting karena Covid-19 Terus Bermutasi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa booster vaksin Covid-19 atau suntikan dosis ketiga penting dilakukan karena virus itu terus bermutasi. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyampaikan bahwa booster vaksin Covid-19 atau suntikan dosis ketiga penting dilakukan karena virus itu terus bermutasi. Setelah varian Delta, saat ini dunia tengah diguncang dengan Omicron .

"Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi," ujar Jokowi saat jumpa pers, Selasa (11/1/2022).

Dia menjelaskan, pemberian vaksin booster saat ini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, lansia, dan kelompok rentan lainnya. Selanjutnya, program ini menyasar ke masyarakat umum.





Vaksin booster diberikan kepada masyarakat berusia 18 tahun ke atas yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua dengan jangka waktu lebih dari enam bulan. Pelaksanaanya dimulai pada Rabu (12/1/2022)

Dia pun mengingatkan masyarakat tetap berdisiplin menjaga prokes meski sudah divaksin. "Meski sudah divaksin saya ingatkan masyarakat disiplin prokes menjaga jarak cuci tangan karena vaksinasi dan disiplin prokes merupakan kunci atasi pandemi," jelasnya.

Vaksinasi booster diberikan kepada kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya telah memenuhi kriteria 70 persen dosis pertama dan 60 persen dosis kedua. Adapun jenis vaksin yang digunakan merk Corona Vac (Sinovac), AstraZeneca, Moderna, Pfizer, dan Zifivak.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)