Keberangkatan Jamaah Umrah, Epidemiolog Wanti-wanti Penyebaran Omicron

Senin, 10 Januari 2022 - 15:01 WIB
loading...
Keberangkatan Jamaah Umrah, Epidemiolog Wanti-wanti Penyebaran Omicron
Ahli Epidemiologi Indonesia Hariadi Wibisono menyebutkan pembukaan umrah dapat memicu penyebaran virus baru varian Omicron. Karena berbagai aktivitas ini. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ahli Epidemiologi Indonesia Hariadi Wibisono menyebutkan pembukaan umrah dapat memicu penyebaran virus baru varian Omicron . Pasalnya, berbagai aktivitas apapun tidak menutup kemungkinan adanya penyebaran virus Omicron ini.



Ia tak menampik, bahwa pemerintah Arab Saudi sendiri telah menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat Covid-19. Bahkan para pelaku pelanggaran seperti berjalan tanpa masker bisa kena denda hingga 100.000 riyal atau sekitar Rp380 juta.



"Soal pakai masker sih bagus saja kalau ada ancaman denda itu. Tapi belajar dari orang-orang yang wisata ke Turki, pulangnya pada tertular kan. Nah risiko ini sama untuk para rombongan umrah," ucapnya.

Sehingga ia berharap, pemerintah dapat lebih tegas dalam mengambil kebijakan terkait perjalanan ke luar negeri. "Harapannya enggak ada yang bawa oleh-oleh Om micron atau Tante micron," kata dia.

Seperti diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) melepas pemberangkatan 418 jamaah umrah dari berbagai daerah di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (8/1/2022).

Diketahui, pemerintah kembali membuka keberangkatan jamaah umrah asal Indonesia setelah sebelumnya ditutup karena pandemi Covid-19.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)