Muhammadiyah Hadapi Covid-19 dengan Tiga Prinsip, Apa Saja?

Sabtu, 08 Januari 2022 - 07:44 WIB
loading...
Muhammadiyah Hadapi Covid-19 dengan Tiga Prinsip, Apa Saja?
Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr Agus Taufiqurrahman membeberkan 3 prinsip utama guna menghadapi Covid-19. Foto/Muhammadiyah.or.id
A A A
JAKARTA - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr Agus Taufiqurrahman membeberkan 3 prinsip utama guna menghadapi Covid-19 . Yaitu, prinsip imaniah yang benar, prinsip ilmiah yang benar, dan prinsip harokah.

Mengenai prinsip imaniah, dia menjelaskan banyaknya pertanyaan di publik mengenai keharusan pakai masker, kalau memang jatahnya sakit, sembunyi pun akan sakit. "Padahal dalil agama jelas, kita itu diperintahkan Rosul (yaitu) laa dharara wala dhirar, janganlah kalian melakukan perbuatan yang membahayakan diri dan juga membahayakan orang lain," ujar Agus dalam pernyataan tertulis pada Kamis (6/1/2022).

Dia menambahkan secara iman, pencegahan Covid-19 perlu dikawal supaya tidak ada lagi salah perilaku menghadapi pandemi. Kemudian pada prinsip kedua, kata dia, bahwa Muhammadiyah mengawal gerakan menghadapi pandemi dengan prinsip ilmiah ilmu yang benar.





"Kita undang pakar yang memang khusus mengawal, mengkaji sesuai dengan ilmunya yang membidangi tentang pandemi ini. Kampus-kampus besar kita ajak berdiskusi agar yang kita lakukan itu sesuai dengan kaidah ilmiah," imbuhnya.

Selanjutnya yaitu prinsip harokah, seluruh gerakan dalam menghadapi pandemi ini harus menjadi gerakan yang terstruktur terkait dengan lembaga lain. “Karena tidak mungkin menyelesaikan pandemi itu sendirian, tidak mungkin, maka prinsip harokah,” pungkasnya.

Ketiga prinsip utama guna menghadapi Covid-19 disampaikannya pada acara Monitoring dan Evaluasi Program Sigap Lawan Corona (Silana). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah sekaligus peresmian Kampus Sehat Covid-19 dan poliklinik Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung di Auditorium KH. Ahmad Dahlan, UM Bandung, Kamis (6/1/2022).
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)