Benda Serupa Tank Ditemukan di Natuna, TNI AL Panggil Pakar

Rabu, 05 Januari 2022 - 14:16 WIB
loading...
Benda Serupa Tank Ditemukan di Natuna, TNI AL Panggil Pakar
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan Pushidrosal dan Dislitbangal akan mendatangkan pakar untuk memastikan benda yang ditemukan di Natuna. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut ( KSAL ) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan masih melakukan pendalam ihwal penemuan benda yang menyerupai tank di Perairan Natuna , Kepulauan Riau beberapa waktu lalu. Namun berdasarkan hasil investigasi sementara, tidak ditemukan tanda-tanda bahwa benda tersebut membahayakan.

"Sudah kita datangkan Pushidrosal sama Dislitbangal ke sana. Sampai saat ini belum menandakan itu ada alat deteksi dan sebagainya," ujar Yudo ditemui di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/1/2022).



Menurut Yudo, benda tersebut berjenis kapal tongkang yang menyerupai kendaraan tempur. Sebagai informasi, tongkang merupakan kapal dengan bentuk lambung datar atau suatu kotak besar yang mengapung, digunakan untuk mengangkut barang. "Jadi seperti tongkang gitu. Bentuknya itu ya seperti tank," benernya.

Yudo mengatakan, Pushidrosal dan Dislitbangal akan mendatangkan pakar dalam investigasi lanjutan guna mendalami lebih lanjut itu sebenarnya benda apa. Pendalaman, nantinya juga akan membuktikan apakah ada keterlibatan dari negara lain atau tidak.

"Nanti kita panggil pakar untuk melihat ini dari negara mana dan sebagainya. Sudah kita cek bawah air dan atas airnya ada monitornya atau tidak, mungkin semacam sonar itu enggak ada," katanya.



Temuan ini sebelumnya diinformasikan TNI AL melalui akun media sosial. Benda tersebut berhasil ditemukan oleh personel Lantamal IV Tanjung Pinang. "Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang menemukan benda menyerupai tank (kendaraan tempur) di perairan Natuna, Kepulauan Riau," tulis Dispenal di akun Instagram, Selasa (28/12/2021).

Dispenal menuturkan, terkini benda itu telah dibawa ke Posmat Kijang dengan cara ditarik menggunakan kapal kayu milik nelayan. Dilihat dari foto yang diunggah, benda berwarna oranye itu mengapung di tengah perairan.

"Sampai dengan saat ini masih dilaksanakan investigasi dari TNI AL dalam hal ini tim Pushidrosal, Dissenlekal dan Dislitbangal," tuturnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)