Satgas Covid-19: Omicron Kemungkinan Cepat Menular pada Penyintas Covid

Selasa, 21 Desember 2021 - 20:31 WIB
loading...
Satgas Covid-19: Omicron Kemungkinan Cepat Menular pada Penyintas Covid
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan Omicron kemungkinan cepat menular pada penyintas Covid-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan sampai dengan Senin, 20 Desember kemarin varian Omicron telah ditemukan di 92 negara. Termasuk Indonesia yang menyumbangkan 3 kasus di dalamnya.

“Dengan total kasus konfirmasi sebanyak 62.342 kasus,” katanya dalam konferensi persnya, Selasa (21/12/2021

Dia mengatakan sejauh ini WHO menyatakan temuan karakteristik varian Omicron dengan dasar studi awalan yang dilakukan. Di antaranya belum ada bukti ada peningkatan kemampuan penularan dan keparahan gejala. Namun begitu varian Omicron memiliki kemungkinan cepat menular pada penyintas Covid-19.



“Ada kemungkinan peningkatan peluang penularan pada penyintas Covid-19 atau secara tidak langsung mampu melawan imunitas Covid-19 yang telah terbentuk,” ujaranya.



Selain itu, sampai saat ini PCR dianggap masih mampu mendeteksi varian Omicron. Namun untuk rapid antigen masih dalam penelitian. Terlepas dari itu, pemerintah meminta masyarakat untuk tetap tenang. Selain itu juga masyarakat diminta ikut serta membuat suasana kondusif, dengan mengikuti update dari pemerintah.

“Alih-alih menyebabkan rasa ketakutan yang berlebihan dengan menyebarluaskan hal-hal yang belum tentu benar, alangkah lebih baik kita bersikap lebih hati-hati dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)