Buka Munas ke-10, Mahfud MD Ajak Anggota FKPPI Bela Negara

Senin, 20 Desember 2021 - 21:56 WIB
loading...
Buka Munas ke-10, Mahfud MD Ajak Anggota FKPPI Bela Negara
Menko Polhukam Mahfud MD mengajak seluruh anggota FKPPI mengikuti Program Bela Negara. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengajak seluruh anggota Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI) mengikuti Program Bela Negara.

Hal itu disampaikan Mahfud MD mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) ke X FKPPI di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin, (20/12/2021). Acara pembukaan dilakukan dengan pemukulan gong oleh Mahfud MD.

Dalam kesempatan itu, Mahfud MD meminta agar Munas FKPPI bukan hanya sekadar mengganti kepengurusan saja. Melainkan dijadikan sarana untuk mengonsolidasikan diri dan memperkokoh FKPPI dalam hal peningkatan wawasan kebangsaan. "Salah satu upaya untuk meningkatkan wawasan kebangsaan adalah dengan adanya bela negara," kata Mahfud.



Mahfud menjelaskan bela negara dapat diartikan sebagai sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan terhadap negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Berdasarkan konstitusi setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha bela negara.

Syarat-syarat tentang pembelaan negara juga telah diatur dengan undang-undang. "Nilai-nilai bela negara di antaranya harus cinta Tanah Air, merasa memiliki, mencintai, dan ingin menjaganya. Mempertahankan dengan segenap jiwa dan raga. Itulah nilai-nilai bela negara itulah yang disebut nasionalisme," katanya.



Selain itu, Mahfud juga meminta FKPPI untuk menjauhi tindakan-tindakan yang melanggar hukum dan meresahkan masyarakat seperti halnya organisasi masyarakat lainnya yang sempat disinggung oleh Presiden Jokowi. "Saya berharap mumpung FKPPI belum pernah dicirikan sebagai organisasi yang seperti ini. Saya berharap dapat menjauhi tindakan yang tidak pantas dilakukan sebagai anak bangsa," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum FKPPI Pontjo Sutowo mengatakan Munas ke X FKPPI sebenarnya akan dilakukan pada tahun lalu. Namun karena adanya Covid-19 maka diundur menjadi tahun ini yakni 20-22 Desember 2021. Munas bertujuan untuk memperkokoh kekuatan FKPPI melalui konsolidasi bela negara. Pontjo mengatakan ber- FKPPI itu adalah berbela negara. Jadi, tujuan dalam berkumpul di FKPPI itu hanya satu yakni bela negara. "Karena negara itu perlu di bela. Oleh karena itu perlu bela negara," kata Pontjo.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)