Siapa Pun Capres 2024, Sandiaga Uno Cocok Jadi Cawapres

Minggu, 19 Desember 2021 - 21:36 WIB
loading...
Siapa Pun Capres 2024, Sandiaga Uno Cocok Jadi Cawapres
Nama Menparekraf Sandiaga Uno menjadi yang tertinggi dalam survei elektabilitas calon wakil presiden pada Pemilu 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi yang tertinggi dalam survei elektabilitas calon wakil presiden ( cawapres ) pada Pemilu 2024. Hal itu terungkap dalam hasil survei Lembaga KedaiKOPI, Minggu (19/12/2021).

Mulanya KedaiKOPI membuat simulasi tiga nama calon presiden di Pemilu 2024 berdasarkan perolehan suara tertinggi, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Lalu, KedaiKOPI menyimulasikan figur calon wakil presiden yang dipilih responden untuk dipasangkan dengan ketiga nama capres tadi. Hasilnya, nama Sandiaga Uno selalu tertinggi dalam tiga simulasi tersebut.

Pertama, jika calon presidennya adalah Ganjar Pranowo, maka Sandiaga Uno yang dinilai cocok mendampingi Gubernur Jawa Tengah itu. Elektabilitas Sandi sebagai cawapres Ganjar sebesar 47,8%.

Baca juga: Survei: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi Jika Responden Diminta Berpikir Ulang

Kemudian di urutan kedua bertengger nama Erick Thohir yang dinilai layak menjadi cawapres Ganjar. Angkanya sebesar 17,5%. Kemudian ada pula nama Puan Maharani yang dinilai cocok sebagai cawapres Ganjar dengan perolehan suara 15,8%.

Kedua, jika calon presidennya adalah Prabowo Subianto, maka Sandiaga Uno yang dinilai cocok mendampingi Ketua Umum Gerindra itu. Elektabilitas Sandi sebagai cawapres Prabowo sebesar 67,0%.

Kemudian di urutan kedua ada nama Andika Perkasa yang dinilai layak menjadi cawapres Prabowo. Angkanya sebesar 12,3%. Kemudian ada pula nama Puan Maharani yang dinilai cocok sebagai cawapres Prabowo dengan perolehan suara 8,6%.

Ketiga, jika calon presidennya adalah Anies Baswedan, lagi-lagi Sandiaga Uno uang dinilai cocok mendampingi Gubernur DKI Jakarta itu. Elektabilitas Sandi sebagai cawapres Anies sebesar 70,9%.

Kemudian di urutan kedua ada nama Erick Thohir yang dinilai cocok sebagai cawapres Anies dengan perolehan suara 6,8%. Lalu ada pula nama Salim Segaf Al Jufri dengan raihan 6,4% untuk menjadi cawapres Anies, dan Airlangga Hartarto sebagai cawapres Anies sebesar 6,3%.

Baca juga: Survei Capres 2024: Elektabilitas Anies Tertinggi Pada Kluster Kepala Daerah dan Non Parpol

Sebagai informasi, survei Lembaga KedaiKOPI dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia pada 16-24 November 2021 dengan metode face to face interview atau home visit. Jumlah responden sebanyak 1.200 dan error sampling sebesar kurang lebih 2,83% pada interval kepercayaan 95,0%. Populasi responden yakni pemilih usia 17-65 tahun.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)