Survei: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi Jika Responden Diminta Berpikir Ulang

Minggu, 19 Desember 2021 - 14:48 WIB
loading...
Survei: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi Jika Responden Diminta Berpikir Ulang
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas dalam survei elektabilitas capres 2024 dalam pertanyaan tertutup dengan probing. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden ( Capres) 2024 dalam hasil survei yang dilakukan KedaiKopi. Namun menariknya, ketika responden diberikan pertanyaan tertutup dengan probing (meminta responden berpikir ulang apabila belum memutuskan pilihan), nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas.

Hal ini diungkapkan Direktur Eksekutif KedaiKopi, Kunto Adi Wibowo dalam laporan survei Opini Publik Menuju 2024 yang disiarkan melalui akun YouTube Survei KedaiKopi, Minggu (19/12/2021).

"Elektabilitas Presiden jika Pilpres dilaksanakan saat ini, pertanyaan terbuka hasilnya Prabowo Subianto menempati posisi pertama dengan perolehan 23,9%. Menyusul di posisi kedua Ganjar Pranowo dengan 16,4%. Anies Baswedan di posisi ketiga dengan 12,5%. Masih ada yang menjawab Joko Widodo, di posisi keempat dengan 8,6%. Di posisi kelima ada Sandiaga Uno dengan 3,6%. Yang belum memutuskan ada 19,8%," ujar Kunto.

Baca juga: Survei Capres 2024: Prabowo dan Ganjar Saling Salip, Disusul Anies

Ia mengatakan, selain pertanyaan terbuka, responden juga diberikan pertanyaan tertutup dengan menyodorkan 15 nama, baik tanpa probing maupun probing (yang belum menentukan ditanya lebih lanjut). Dari dua cara tersebut didapatkan hasil berbeda.

"Tanpa probing Pak Prabowo Subianto masih unggul 24,3%, Ganjar Pranowo di posisi kedua dengan 22,9%, dan di posisi ketiga ada Anies Baswedan dengan 18,5%. Yang belum menentukan 8,8%," kata Kunto Adi Wibowo.

"Setelah kita tanya yang 8,8% itu, maka peta elektabilitas dengan probing, urutannya berubah. Ganjar Pranowo unggul di posisi pertama dengan 26,4%. Menyusul Prabowo Subianto dengan angka 25,7%, dan Anies Baswedan dengan angka 19,9%," katanya.

Peta persebaran antara tiga kandidat terkuat yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan juga dikatakan Kunto Adi Wibowo beragam. "Dengan probing, Ganjar Pranowo dominan di Jawa Tengah dan Bali. Pak Prabowo Subianto dominan di Jawa Barat dan Jawa Timur. Anies Baswedan ada di DKI, Bengkulu, dan Sulawesi Tengah. Untuk Provinsi Sumatera Barat masih 50:50 antara Prabowo Subianto dan Anies Baswedan," katanya.

Baca juga: Capres 2024 Gerindra, Pengamat: Semua Tergantung Prabowo

Untuk diketahui, Survei Opini Publik Menuju 2024 yang dilaksanakan Lembaga Survei KedaiKOPI dengan wilayah survei di 34 provinsi digelar pada 16-24 November 2021. Metode menggunakan survei Face to Face Interview (Home Visit). Responden sebanyak 1.200 orang dengan rentang usia 17-65 tahun. Error Sampling dalam survei ini sebesar ± 2.83% dengan tingkat kepercayaan 95%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)