Tekun...

Sabtu, 18 Desember 2021 - 06:09 WIB
loading...
A A A
Perbukuan anak masih dikuasai buku-buku terjemahan gubahan ratusan pengarang dari pelbagai negara sudah memiliki keagungan sastra anak, sejak ratusan tahun lalu. Pemuliaan buku cerita anak gubahan para pengarang Indonesia pernah dilakukan oleh Riris K Sarumpaet. Studi itu diterbitkan oleh Pustaka Jaya berjudul Bacaan Anak-Anak: Suatu Penyelidikan Pendahuluan ke Hakekat, Sifat dan Corak Bacaan Anak-Anak Serta Minat Anak Pada Bacaanya (1976).

baca juga: MNC Peduli Serahkan Bantuan untuk Rumah Baca Literasi Anak Bangsa di Semarang

Masalah bacaan atau sastra anak makin ruwet bila kita kelelahan menjelaskan judul panjang. Studi itu menghasilkan pesan: “Bacaan yang sesuai untuk anak-anak haruslah bacaan yang sesuai dengan hakekat dan sifat dunia dan alam kehidupan anak-anak. Alam kehidupan anak-anak ditandai dengan dominannya faktor fantasi. Fantasi pada anak-anak bersifat kreatif dan antropomorfistis serta merupakan salah satu kebutuhan intrinsik bagi pertumbuhan mereka.”

Usaha tekun dengan memilih bacaan anak-anak di pelbagai penerbit. Buku menantikan lanjutan bagi orang-orang berpihak sastra anak selera Indonesia. Setyaningsih pun melakukan studi-studi kecil bukan di naungan akademik. Ia melakukan pembacaan ratusan buku anak dengan menghasilkan esai-esai, belum perlu masuk jurnal internasional berbahasa Inggris atau disampaikan dalam seminar megah.

baca juga: Sayur Kendal Ikut Tingkatkan Literasi Anak Lewat Sayembara Cerpen Anak

Setyaningsih kadang turut dalam pendapat-pendapat para pengamat telah menekuni masalah-masalah bacaan anak. Ia pun sempat membuat kalimat petuah setelah mengamati buku detektif diminati anak-anak: “Pesan ‘menyenangkan’ atau ‘bertualang’ saja tidak cukup. Cerita anak Indonesia harus berakhir dengan pesan baik bagi anak-anak demi menjaga ikatan persahabatan, keluarga, dan optimisme atas bakat-prestasi diri.” Ketekunan dalam menulis masalah sastra anak dan bacaan anak belum rampung. Kita menanti buku jilid ketiga. Begitu.

Judul : Kitab Cerita: Esai-Esai Anak dan Pustaka 2

Penulis : Setyaningsih

Penerbit : Babon, Boyolali

Cetak : 2021
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)