PSP Berderma Kumpulkan Ribuan Kantong Darah dan Plasma Konvalesen

Jum'at, 17 Desember 2021 - 18:11 WIB
loading...
PSP Berderma Kumpulkan Ribuan Kantong Darah dan Plasma Konvalesen
PSP Berderma II berhasil kumpulkan ribuan kantong darah dan plasma konvalesen. Nantinya darah dan plasma konvalesen tersebut akan didistribusikan ke yang membutuhkan. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Darah dan Plasma Jilid II (PSP Berderma II) berhasil kumpulkan ribuan kantong darah dan plasma konvalesen. Donor darah dan plasma konvalesen tersebut akan didistribusikan ke yang membutuhkan.

Kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen yang diadakan Garda Pemuda (GP) NasDem dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Dalam kegiatan itu berhasil mengumpulkan 6.639 pendonor. Dari jumlah itu, sebanyak 5.559 kantong darah dan plasma konvalesen berhasil dikumpulkan. Rinciannya, 5.283 kantong darah dan 276 kantong plasma konvalesen.

“Kita hadir melalui PSP Berderma sebagai bentuk misi kemanusiaan, untuk kemanusiaan, dan demi kemanusiaan,” kata Ketua Umum GP NasDem, Prananda Surya Paloh saat membuka kegiatan PSP Berderma Award II, Selasa 14 Desember 2021.

Tujuan PSP Berderma ini membantu PMI dan masyarakat Indonesia khususnya yang memerlukan donor darah dan plasma. Sejak pandemi Covid-19 terjadi penurunan jumlah pendonor darah yang signifikan. Sementara kebutuhan donor darah tetap tinggi.

Anggota Komisi I DPR ini mengatakan, dari catatan PMI, GP NasDem menjadi satu-satunya organisasi kepemudaan yang sukses mendonorkan plasma konvalesen. “Maka dari itu, penghargaan ini kami berikan untuk menstimulasi DPW-DPW agar lebih giat lagi bergerak membantu masyarakat Indonesia,” jelasnya.

PSP Berderma II ini diselenggarakan di 30 provinsi. Di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, dan DKI Jakarta. Kemudian Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur.

Selanjutnya Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah. Kemudian Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Papua Barat.

PSP Berderma Award II sendiri membagi tujuh kategori penghargaan dengan hasil pemenang sebagai berikut:
1. Kategori Pendonor Darah Terbanyak
Juara I : DPW GP NasDem Sumatera Utara
Juara II : DPW GP NasDem Kalimantan Timur
Juara III : DPW GP NasDem Jawa Barat

2. Kategori Pendonor Plasma KonvalesenTerbanyak
Juara I : DPW GP NasDem Jawa Tengah
Juara II : DPW GP NasDem Jawa Timur
Juara III : DPW GP NasDem Nusa Tenggara Timur

3. Kategori Koordinasi DPW Terbaik
Juara I : DPW GP NasDem Sumatera Utara
Juara II : DPW GP NasDem Kalimantan Timur
Juara III : DPW GP NasDem Sulawesi Tengah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)