Diplomasi Amerika ke Asia Tenggara

Kamis, 16 Desember 2021 - 14:56 WIB
loading...
A A A
Dalam kaitan itu pula maka bukan berarti kita akan berada pada orbit dan tunduk pada tekanan Amerika atau lainnya. Tentu politik luar negeri kita akan terus diupayakan dalam spirit bebas dan aktif. Hubungan bilateral dengan Tiongkok juga penting dan menjadi bagian penyeimbang dari dominasi Amerika dan sekutunya.

Secara ekonomi, Tiongkok merupakan mitra dagang terbesar RI dan sumber investasi ketiga. Pada periode Januari – September 2021, total perdagangan kedua negara mencapai level tertinggi dalam kurun waktu 20 tahun kerja sama yaitu mencapai USD85,3 miliar atau naik 52,8% dibandingkan capaian tahun lalu. Nilai ekspor kita mencapai USD42,8 miliar tumbuh 59,7% dibandingkan 2020 dan ada prediksi bahwa di akhir tahun kita bisa mencapai surplus. Di bidang investasi, Badan Koordinasi Penananaman Modal (BKPM) mencatat bahwa penanaman modal Tiongkok mencapai sebesar USD2,3 miliar ke Indonesia pada Januari hingga September 2021. Nilai investasi ini berada di peringkat ketiga sebagai investor asing terbesar Indonesia.

Perebutan pengaruh kekuatan besar menjadi bagian ujian peran internasional Indonesia. Prinsip bebas aktif serta spirit jutaan teman dan nol musuh (million friends zero enemy) masih terus kontekstual dalam diplomasi demi kepentingan nasional, stabilitas kawasan, dan perdamaian dunia.

(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)