Cegah Omicron, Pemerintah Upayakan Tes Khusus Deteksi Dini

Rabu, 15 Desember 2021 - 18:08 WIB
loading...
Cegah Omicron, Pemerintah Upayakan Tes Khusus Deteksi Dini
Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi . Foto/covid19.go.id
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus berupaya mencegah masuknya Covid-19 varian baru Omicron ke Tanah Air. Apalagi, sebanyak 76 negara saat ini dilaporkan telah mendeteksi kasus varian Omicron .

“Pemerintah sedang mengupayakan jenis tes khusus yang mampu mendeteksi dini kasus-kasus Omicron secara lebih cepat untuk mencegah penularan di tingkat masyarakat,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi saat konferensi pers secara virtual, Rabu (15/12/2021).

Kendati demikian, dia memastikan varian Omicron belum terdeteksi di Indonesia. “Seperti yang saya sampaikan sebelumnya Omicron ini menjadi varian yang menyita banyak perhatian, terutama dengan karakteristiknya yang sangat memungkinkan untuk memunculkan gelombang Covid-19 di berbagai negara,” tegasnya.



Menurut dia, deteksi dini harus dilakukan mengingat saat ini ada peningkatan pelaku perjalanan dari luar negeri. “Kami melihat ada peningkatan kasus ataupun peningkatan pelaku perjalanan yang sebelumnya hanya sekitar 300, saat ini mencapai 4 ribu kedatangan pelaku perjalanan dari luar negeri yang harus kita waspadai,” katanya.

Selain itu, kata dia, saat ini masih dalam situasi pandemi terutama akan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Dia mengingatkan lonjakan kasus Covid-19 selalu terjadi setelah libur panjang pada pengalaman sebelumnya.

“Tetap waspada patuhi protokol kesehatan, segera vaksinasi, dan ikuti anjuran dari pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk kebaikan dan keselamatan kita bersama,” kata Nadia.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)