Instruksi Mendagri, Ganjar Mulai Tahapan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Selasa, 14 Desember 2021 - 14:33 WIB
loading...
Instruksi Mendagri,...
Politikus PDIP sekaligus Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan kesiapannya, menggelar vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun. Foto/Twitter Ganjar
A A A
JAKARTA - Vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun dimulai per Selasa (14/12/2021). Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac.

Baca Juga: vaksinasi
Baca juga: Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Pakai Sinovac, Pemerintah Dorong Vaksin Lain untuk Dewasa

Pada Instruksi Mendagri tersebut daerah diminta melakukan percepatan capaian vaksinasi di wilayahnya masing-masing.

"Memulai vaksinasi anak usia 6 tahun sampai dengan 11 tahun dengan ketentuan, telah mencapai target minimal 70% dosis pertama total sasaran dan target minimal 60% dosis pertama lansia sesuai dengan aturan yang berlaku," bunyi diktum kesatu huruf c poin 2 dikutip, Kamis (9/12/2021).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) sekaligus Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan kesiapannya, menggelar vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun.

"Karena persiapan vaksinasi anak yang usia 6-11 tahun sudah ada petunjuknya. Maka, sekarang kita minta sosialisasi dilakukan oleh bupati, wali kota, kepada wali murid. Saya kira melalui komite melalui sekolah itu sangat bagus," ucapnya.

Namun Ganjar menambahkan, kendalanya adalah dosis vaksin khusus anak dari pemerintah pusat yang belum diterima oleh Pemprov.

"Maka beberapa vaksin yang kemarin belum diambil oleh kabupaten kota saya minta untuk diambil hari ini kalau tidak besok kita suntikan kepada anak-anak sebagai ujicoba dan sosialisasi sudah segera kita mulai setelah rapat kita hari ini," katanya.

Sementara itu, Ganjar meminta ada peningkatan capaian vaksinasi dalam tiga minggu terakhir tahun 2021 ini. Daerah yang capaian vaksinnya masih rendah, diminta Ganjar menyusun strategi percepatan vaksinasinya.

"Sehingga kita nanti bisa tahu apa yang mesti kita bantu. Umpama tenaga (kesehatan), umpama vaksin, umpama peralatan dan seterusnya," ucap Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar juga mengingatkan pada sejumlah daerah yang stok vaksinnya mendekati masa kedaluwarsa agar segera disuntikkan. Apalagi di beberapa daerah, vaksin yang jelang kedaluwarsa jumlahnya sedikit.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)