KLHK Apresiasi Daerah yang Terus Berupaya Kurangi Pencemaran Lingkungan

Senin, 13 Desember 2021 - 18:18 WIB
loading...
KLHK Apresiasi Daerah yang Terus Berupaya Kurangi Pencemaran Lingkungan
Menteri LHK Siti Nurbaya ketika meresmikan Ekoriparian Tjimanoek, di Indramayu, Jawa Barat, Senin (13/12/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengapresiasi pemerintah daerah (pemda) yang terus berupaya mengurangi potensi pencemaran lingkungan . Hal ini dikatakan Menteri LHK Siti Nurbaya ketika meresmikan Ekoriparian Tjimanoek, di Indramayu, Jawa Barat, Senin (13/12/2021).



Dikatakan Siti, Ekoriparian Tjimanoek ini merupakan tahap awal dari tiga tahap pembangunan secara lengkap. Siti Nurbaya pun mengapresiasi atas usaha meminimalisir pencemaran lingkungan dan berkontribusi pada pengurangan gas rumah kaca dan dalam upaya menjaga kestabilan iklim global.

"Selain fungsi-fungsi tadi, saya juga berharap kedua fasilitas ini dapat menjadi sarana pendidikan, wisata kuliner dan budaya serta sumber ekonomi baru bagi masyarakat Indramayu pada khususnya," ucapnya.

Menurut Siti Nurbaya, semua langkah ini tentu tidak akan berhasil tanpa dukungan semua pihak, terutama masyarakat.

"Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya mohon dukungan dan partisipasi masyarakat dan tentunya peran pemda dalam menjaga dan memelihara fasilitas ini, sehingga manfaatnya dapat kita nikmati secara berkelanjutan," tutupnya.

Sementara Plt Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian LHK, Sigit Reliantoro mengatakan, pembangunan Taman Kehati dan Ekoriparian Tjimanoek merupakan salah satu bentuk kolaborasi dunia usaha, pemerintah daerah, dan KLHK untuk pembangunan pembangunan infrastruktur hijau.

"Pembangunan infrastruktur hijau ini memiliki ciri antara lain, penerapan pengetahuan yang inovatif tentang alam. Terinspirasi oleh produk alam, meniru proses alam untuk memecahkan masalah lingkungan dan sosial secara efektif sekaligus memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat," kata Sigit.

"Mudah-mudahan kegiatan seperti ini akan semakin terarah karena salah satu kriteria Proper adalah bagaimana membangun community development yang di dalamnya, terintergrasi dengan adaptasi perubahan iklim serta perlindungan keanekaragaman hayati," tambahnya.

Acara peresmian Ekoparian Tjimanoek ini dihadiri juga oleh Anggota Komisi IV DPR-RI H Ono Surono, Bupati Indramayu, Forkopimda Kabupaten Indramayu, Direktur Utama dan Jajaran Direksi PT Polytama Propindo, serta pegiat lingkungan.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)