Ini Kebutuhan Mendesak Ribuan Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

Sabtu, 11 Desember 2021 - 06:00 WIB
loading...
Ini Kebutuhan Mendesak Ribuan Pengungsi Erupsi Gunung Semeru
Komandan Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru, Kolonel Inf Irwan Subekti (kanan).Foto/Tangkapan Layar/Istimewa
A A A
JAKARTA - Komandan Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru , Kolonel Inf Irwan Subekti menyampaikan sejumlah kebutuhan mendesak yang para pengungsi saat ini. Di antaranya air bersih, peralatan tidur, perlengkapan mandi termasuk pakaian dalam untuk pria dan wanita dewasa.

"Kebutuhan yang mendesak saat ini adalah tandon air, kemudian air bersih termasuk alat-alat kebersihan peralatan tidur termasuk kasur. Perlengkapan mandi termasuk pakaian dalam untuk laki-laki dan perempuan ukuran besar, termasuk pakaian dalam ibu-ibu itu yang sangat kita harapkan apabila ada saudara-saudara yang akan memberikan bantuan," ujar Irwan dalam jumpa pers secara daring, Jumat (10/12/2021).

Untuk bantuan logistik, kata Irwan, pihaknya sangat berterimakasih kepada masyarakat yang ikut bantu menyumbangkan. Karena stok bantuan logistik cukup banyak.

"Karena sampai dengan saat ini, tim yang menerima bantuan logistik sangat banyak sekali dan merupakan atensi sangat baik dalam penanganan bencana ini," jelasnya. Baca: Dansatgas Sebut Sungai Berasap hingga Kepadatan Relawan jadi Kendala Penanganan Bencana Semeru

Irwan mengungkapkan, jumlah pengungsi sebanyak 6573 orang. Dengan titik pengungsian sampai dengan saat ini 126 titik pengungsian rinciannya, 24 titik pengungsian yang terpusat dan 102 pengungsian menyebar atau mandiri.

"Sementara untuk kerugian materil sampai dengan saat ini sejumlah 2.970 unit rumah, 33 unit fasilitas umum yang salah satu diantaranya sampai dengan saat ini adalah putusnya geladak perak," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)