IDLC 2021, Memimpin Jalan Menuju Organisasi Tanpa Batas

Jum'at, 10 Desember 2021 - 10:09 WIB
loading...
IDLC 2021, Memimpin Jalan Menuju Organisasi Tanpa Batas
Indonesia Leadership Conference (IDLC) 2021 mengangkat tema besar Leading the Way towards Infinite Organization. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Indonesia Leadership Conference (IDLC) 2021 kembali digelar pada Selasa-Kamis (7-9/12/2021) dengan mengangkat tema besar 'Leading the Way towards Infinite Organization'. Kegiatan ini berupa rangkaian sesi presentasi dan diskusi kepemimpinan yang membahas satu tema besar setiap harinya.

Chairman IDLC 2021, Atok R Aryanto mengatakan, pada hari pertama konferensi kepemimpinan terbesar di Indonesia ini membahas tentang peta situasi 2021 dan 2022 rintangan dan pemulus jalan dari para pemimpinan perusahaan mapan dan start up.

"Sesi diawali dengan penjelasan dari Arsjad Rasyid selaku ketua kadin bahwa seorang pemimpin harus mempunyai dan memberi harapan kepada subordinasi, disertai dengan value authenticity, spirituality, dan Agility menjadi kunci kesuksesan dalam menghadapi perubahan saat ini," katanya dalam keterangan tertulis dikutip, Jumat (10/12/2021).

Baca juga: Kepemimpinan AHY Solid, Tren Elektabilitas Demokrat Terus Naik

Setelah itu dilanjutkan oleh Ketua INDEF Didik J Rachbini yang menjelaskan bahwa seorang pemimpin harus paham dinamika yang terjadi saat ini untuk bersiap melakukan perubahan. Pembicara di sesi berikutnya adalah Director Of Communications P&G Ovidia Nomia, Executive Vice President Human Capital Strategy PLN Wisnoe Satrijono, CEO Pegipegi Serlina Wijaya, dan Vice President HRGA Aruna Sri Yunita Maksudi.

Pada hari kedua berisi sharing pengalaman dalam memimpin tim agar perusahaan survive dan berkembang. Seperti disampaikan co-Founder Kubik Leadership, Indrawan Nugroho, perusahaan yang bisa survive, agile, dan bertumbuh adalah perusahaan yang pemimpin memanusiakan timnya dan tim melihat atasannya juga manusia.

Sesi diawali dengan penjelasan dari CEO Astra International Daihatsu Sales Operation, Supranoto Tirtodidjojo bahwa leader adalah lead by example, empathy di mana kesehatan dan keselamatan konsumen dan karyawan menjadi prioritas utama, adaptive sehingga menghasilkan strategi yang lentur dan flexible, develop positivity dengan membangun sikap dan rasa optimis, encorage collaboration, dan resilience sehingga bisnis harus bisa bertahan.

Sementara Komisaris Utama Brantas Abipraya menjelaskan bahwa pemimpin sangat penting dalam mengokestrasi human capital dan ekosistem yang melingkupinya dengan satu arahan Think The Unthinkable. Sesi-sesi berikutnya dipaparkan chief business officer & co-founder Halodoc Doddy Lukito dan presiden direktur Polytama Propindo Didik Susilo.

Baca juga: Kepemimpinan 2 Jenderal TNI di Balik Penanganan Covid-19, Banyak Gagasan dan Terobosan

"Pada hari ketiga atau puncak IDLC 2021 berisi rekomendasi dan pembekalan para leader dalam menerapkan praktik kepemimpinan agar organisasi memiliki kehandalan dan menampilkan performa terbaik sepanjang masa," kata Atok R Aryanto.

Sesi selanjutnya dibawakan oleh Wakil Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Herta Napitupulu. Menurtunya, untuk mewujudkan infinite organization perlu ada infinite spirit atau mindset dari para pemimpinnya. Sementara Direktur Kubik Leadership Fauzi Rachmanto memaparkan formulanya untuk mewujudkan infinte organization. Antara lain reconnecting team mission dengan cara menentukan beberapa prioritas, fokus kepada yang berdampak pada masa depan, menetapkan standart tinggi tetapi tim di dorong mencapai standart yang lebih tinggi. Kemudian realign team culture dengan cara menetapkan standar performa, identifikasi value yang akan dihidupkan, selalu memfasilitasi proses belajar dan memberi feedback. Reshape collaboration dengan cara embrace diversity, medorong kesempatan tiap anggota tim, earn respect by respecting them.

Acara ini ditutup oleh Jamil Azzaini, Inspirator SuksesMulia yang membahas tentang peran pemimpin, yaitu mengangkat moral tim, meningkatkan produktivitas tim, dan menjaga kelangsungan bisnis.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)