Novel Baswedan Dkk Dilantik Jadi ASN Polri, KPK: Kami Sudah Selesai

Kamis, 09 Desember 2021 - 16:09 WIB
loading...
Novel Baswedan Dkk Dilantik Jadi ASN Polri, KPK: Kami Sudah Selesai
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut, bahwa pihaknya telah melepas dan tidak menjalin hubungan apapun dengan ke 44 mantan pegawainya itu. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 44 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) bersedia untuk menjadi ASN di institusi Polri. Mereka bakal dilantik Kamis (9/12/2021), yang juga bertepatan dengan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia).

Baca Juga: KPKBaca juga: Polri Lantik Novel Baswedan Dkk Jadi ASN Hari Ini

"Tentu kami dari sisi KPK, kami sudah selesai dengan 44 pegawai KPK yang sudah diberhentikan per 30 September 2021 ya, artinya mereka menjadi orang bebas," ujar Alex kepada wartawan, Kamis (9/12/2021).

Alex pun mempersilakan aparat penegak hukum lain dalam hal ini Polri untuk merekrut 44 mantan pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) itu.

"Kalo ada instansi yang lain ingin menggunakan tenaga mereka itu sudah menjadi hak mereka kalau misalmya semua sudah melalui prosedur yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan," jelasnya.

Bahkan, Alex tidak mengikuti proses pelantikan 44 mantan pegawainya menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri.

"Kami tidak mengikuti terus terang bagaimana proses di kepolisian itu dan bagi kami sudah dianggap selesai di KPK," kata Alex.

Diketahui, 44 mantan pegawai KPK bersedia untuk menjadi ASN di institusi Polri. Mereka bakal dilantik hari ini Kamis (9/12/2021) yang juga bertepatan dengan Hakordia.

Pengangkatan dan pengambilan sumpah/janji PNS Polri pada tahun 2021 akan dilakukan oleh Asisten SDM Polri di Gedung Rupatama, Mabes Polri Jakarta Selatan.

Salah satu mantan pegawai KPK yang akan dilantik adalah, Novel Baswedan. Novel mengungkapkan alasannya bersedia menerima untuk menjadi ASN Polri. Menurutnya, salah satunya adalah melihat kesungguhan dan komitmen dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk memberantas praktik korupsi di Indonesia.

"Ketika saya melihat atau kami ya paling tidak melihat penjelasan dari Pak Kapolri yang tampak bahwa ada seperti kesungguhan untuk memberantas korupsi terutama bidang pencegahan," kata Novel saat ditemui di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (6/12/2021).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)