Firli Curhat ke Jokowi: dari Personel Terbatas hingga Tak Ada Perwakilan KPK di Daerah

Kamis, 09 Desember 2021 - 13:19 WIB
loading...
Firli Curhat ke Jokowi: dari Personel Terbatas hingga Tak Ada Perwakilan KPK di Daerah
Ketua KPK Firli Bahuri memberikan sambutan saat puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021, Kamis (9/12/2021). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyampaikan curahan hati (curhat) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021. Firli curhat masalah kekurangan personel hingga keterbatasan KPK untuk membentuk perwakilan di daerah.

"KPK tentu sangat menyadari atas keterbatasannya, hanya 1.602 sumber daya manusia yang ada di KPK," kata Firli di hadapan Jokowi saat sambutan dalam acara puncak peringatan Hakordia 2021 yang digelar di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (9/12/2021).

"Sesuai Undang-Undang 19 tahun 2019 lembaga Komisi Pemberantas Korupsi berkedudukan di Ibu Kota negara, sehingga kami tidak bisa mengembangkan diri untuk pembentukan KPK-KPK perwakilan di provinsi," imbuhnya.

Baca juga: Jokowi Tegaskan Tak Ada Obligor-Debitur BLBI yang Luput dari Kejaran Satgas

Kendati memiliki banyak keterbatasan, Firli mengaku akan berupaya optimal dalam meberantas korupsi. Pemberantasan korupsi, dipastikan Firli, tidak hanya akan terpusat di Ibu Kota, melainkan juga di seluruh daerah.

"Kami mengambil sikap boleh saja kami hanya terbatas di Jakarta, tetapi aktivitas di KPK tidak boleh hanya ada di Jakarta," katanya.

Oleh karenanya, kata Firli, rangkaian acara Hakordia 2021 diputuskan digelar di lima wilayah provinsi Indonesia. Kelima provinsi itu adalah Sulawesi Tenggara; Kalimantan Selatan; Riau; Nusa Tenggara Timur (NTT); dan Jakarta.



Baca juga: Jokowi: Penindakan Jangan Hanya Menyasar Kasus Korupsi yang Bikin Heboh di Permukaan

"Bapak Presiden yang kami hormati walaupun pandemi kita hadapi begitu banyak tantangan yang kita perlu atasi. Tapi KPK tidak pernah lelah untuk memberantas korupsi," katanya.
(abd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3190 seconds (11.210#12.26)