Ketua PBNU: Kita Jangan Main-main dengan AD/ART NU

Senin, 06 Desember 2021 - 16:46 WIB
loading...
Ketua PBNU: Kita Jangan Main-main dengan AD/ART NU
Ketua PBNU Habib Muhammad Salim Al Jufri mengingatkan bahwa sesuai Konbes 2021, penjadwalan ulang Muktamar ke-34 NU dilakukan oleh PBNU. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU ) Habib Muhammad Salim Al Jufri mengingatkan bahwa sesuai Konferensi Besar (Konbes) 2021, penjadwalan ulang Muktamar ke-34 NU dilakukan oleh PBNU. Hal ini disampaikan menyusul adanya penjadwalan ulang Muktamar NU oleh sejumlah pihak.

"Konbes itu forum tertinggi kedua setelah Muktamar. Konbes NU tahun 2021 sudah memutuskan penjadwalan ulang pelaksanaan muktamar diserahkan ke PBNU," kata Habib Salim dalam keterangannya, Senin (6/12/2021).

Habib Salim juga meminta semua pihak memahami dan tunduk kepada mekanisme organisasi yang diatur dalam AD/ART dan peraturan organisasi NU. "Kita jangan main-main dengan AD/ART NU," katanya.

Baca juga: Rais Aam: Konbes NU Jelang Muktamar Digelar 7 Desember 2021

Menurut Habib Salim, untuk mengatasi perbedaan pendapat menyangkut waktu penyelenggaraan Muktamar NU adalah tunduk terhadap Keputusan Konbes NU, yakni rapat PBNU. Bahkan jika harus digelar Konbes NU lagi harus melalui keputusan rapat PBNU.

"Rapat Harian Syuriyah-Tanfidziyah PBNU merupakan mekanisme organisasi yang sekali pun harus kita pahami sebagai forum untuk mengajak kita semua, baik yang di Syuriyah maupun Tanfidziyah untuk duduk bersama menghadapi masalah bersama. Bukan oleh orang per orang atau empat orang yaitu Rais 'Aam, Katib 'Aam, Ketua Umum, dan Sekretaris Jenderal. Kalau harus Konbes lagi sekali pun harus melalui Rapat Harian Syuriyah-Tanfidziyah PBNU. Kalau tidak ya Konbes tidak sah," kata mantan Ketua PWNU NTT ini.

Habib Salim juga mengingatkan harapan Rais 'Aam PBNU KH Miftachul Akhyar saat Munas-Konbes NU September 2021 lalu. Sebagaimana diktum kedua keputusan Konbes, Rais 'Aam meminta keikhlasan PWNU Se-Indonesia untuk menyerahkan keputusan waktu penyelenggaraan Muktamar NU kepada PBNU.

Baca juga: Sukseskan Pelaksanaan Muktamar ke-34 NU, 450 Banser Ikuti Diklatsus

"Ini dawuh Rais 'Aam sendiri. Disampaikan langsung oleh beliau Kiai Mif (KH Miftachul Akhyar) harus kita hormati, apalagi dawuh tersebut sudah menjadi keputusan Konbes," katanya.

Sebagai informasi, hasil Konbes NU yang berlangsung di Hotel Sahid Jakarta pada 26 September 2021, diktum kedua menyebutkan; "Manakala diktum pertama tidak dapat dilaksanakan karena kondisi belum memungkinkan terkait perkembangan kasus Covid-19 yang membahayakan keselamatan bersama, maka keputusan penyelenggaraan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama diserahkan kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)