Aktivitas Gunung Semeru Belum Berpengaruh ke Bandara Yogyakarta

Minggu, 05 Desember 2021 - 00:39 WIB
loading...
Aktivitas Gunung Semeru Belum Berpengaruh ke Bandara Yogyakarta
BMKG menyebutkan sejauh ini aktivitas Gunung Semeru belum berpengaruh atau mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Yogyakarta International Airport. Foto/SINDOnews
A A A
YOGYAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sejauh ini aktivitas Gunung Semeru belum berpengaruh atau mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Yogyakarta International Airport.

"Terima kasih berdasarkan hasil pantauan dari BMKG dalam hal ini dari Stasiun Metrologi Juanda memeperlihatkan bahwa potensi abu vulkanik pada update malam hari ini itu bergerak ke arah barat laut pada ketinggian 0 sampai Rp30.000 feet kemudian hingga di atas 50.000 feet bergerak ke arah barat," ujar Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG, Edison Kurniawan pada wartawan, Sabtu (4/12/2021).

Menurutnya, aktivitas dari Gunung Semeru tersebut memperlihatkan untuk 3 wilayah terdampak, yakni untuk Bandara Yogyakarta International Airport berdasarkan hasil pantauan di lapangan saat ini belum terlihat adanya pengaruh dari abu vulkanik yang masuk ke wilayah tersebut.

"Demikian pula halnya untuk di Bandara Adi Sumarmo dan juga di Malang dan saat ini kami dari BMKG tetap terus memantau perkembangan dari aktivitas dari Gunung Semeru tersebut," tuturnya.

Dia menambahkan BMKG juga berkoordinasi dengan pihak airnav untuk mengetahui bagaimana potensi yang terjadi dari aktivitas tersebut. BMKG juga akan terus memantau kegiatan tersebut yang berpotensi memengaruhi bagi aktivitas penerbangan.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)