Gus Muhaimin Komentari Muktamar NU: Kalau Nggak Tahun Ini ya Tahun Depan

Kamis, 02 Desember 2021 - 15:41 WIB
loading...
Gus Muhaimin Komentari Muktamar NU: Kalau Nggak Tahun Ini ya Tahun Depan
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar mengomentari Muktamar NU, bisa digelar tahun atau tahun depan. FOTO/MPI/FELLDY UTAMA
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar ikut mengomentari waktu pelaksanaan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung. Menurutnya, Muktamar NU bisa digelar tahun ini atau pun tahun depan.

Untuk diketahui, pelaksanaan Muktamar NU telah dijadwalkan pada 23-25 Desember 2021. Namun belakang pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh wilayah Indonesia selama libur Natal dan Tahun Baru. Akibatnya penyelenggaraan Muktamar NU pun digeser, apakah dimajukan atau dimundurkan masih belum ada kepastian.

"Siang hari ini kita diberikan kesempatan untuk bersama-sama berdiskusi menyambut Muktamar NU yang akan diselenggarakan Insya Allah tahun ini, kalau tidak tahun ini ya tahun depan," kata pria yang akrab disapa Gus Muhaimin di kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Baca juga: Putuskan Muktamar NU Dipercepat, KH Miftachul Akhyar Gunakan Hak sebagai Rais Aam PBNU

Seloroh Gus Muhaimin ini disampaikan dalam sambutannya di acara Halaqah Satu Abad NU bertajuk 'Gagasan Kontributif Membangun Kemandirian Ekonomi Nahdliyin'. Diskusi ini turut menghadirkan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK) hingga mantan menteri ekonomi era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Rizal Ramli.

Meskipun waktu pelaksanaan Muktamar NU ini belum jelas kapan akan digelar, Gus Muhaimin menegaskan bahwa tempat pelaksanaan akan tetap digelar di Lampung. "Soal tanggal tunggu pengumuman saja," katanya.



Saat ini ada dua kubu yang menginginkan Muktamar NU dimajukan dan dimundurkan. Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini sempat mengumumkan Muktamar NU digelar pada 31 Januari 2022.

"PBNU nanti akan memutuskan jadwalnya kapan, meskipun sudah banyak aspirasi yang menyampaikan aspirasi bahwa hendaknya diundur bertepatan dengan hari baik, yaitu tanggal 31 Januari 2022, di mana bertepatan dengan harlah NU," kata Helmy Faishal Zaini saat dihubungi, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: Percepat Muktamar NU, KH Miftachul Akhyar: Ini Masa Kritis Selamatkan PBNU

Namun, Rais Aam PBNU KH Mifachul Akhyar kemudian menerbitkan surat perintah agar pelaksanaan Muktamar NU dimajukan menjadi 17 Desember 2021. Sebanyak 27 PWNU se-Indonesia mendukung surat perintah rais aam ini.
(abd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1548 seconds (10.177#12.26)