Zulhas Sesalkan Pancasila Jadi Sarana Memecah Belah

Rabu, 01 Desember 2021 - 21:25 WIB
loading...
Zulhas Sesalkan Pancasila Jadi Sarana Memecah Belah
Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Zulhas). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Visi berbangsa Indonesia adalah merdeka agar semua bisa bersatu, jadi salah satu prasarana demokrasi saat ini adalah pemilu. Hal ini dikatakan Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan ( Zulhas ).

Baca Juga: Zulhas
Baca juga: Gagasan Kritis Pelajar Menggema di Olimpiade Pancasila Tingkat Nasional

Padahal kata Ketua Umum PAN ini, demokrasi itu adalah alat agar Indonesia memperkuat persatuan. "Dengan memperkuat persatuan itu, maka Indonesia bisa fokus membangun, sehingga bisa menuju negara yang berdaulat," ucapnya.

"Bisa melahirkan kesetaraan karena adanya keadilan di dalamnya. Kesetaraan dilahirkan oleh keadilan, keadilan dilahirkan oleh kedaulatan," sambungnya.

Dari kesetaraan itu, sambung dia, bisa diwujudkan apa yang menjadi cita-cita bangsa yang disusun dengan amat sempurna yakni Pancasila.

Sehingga, bangsa Indonesia patut bersyukur karena memiliki itu, karena tidak ada negara di dunia yang memiliki pegangan, landasan atau pondasi yang sangat kokoh itu.

Namun, mantan Menteri Kehutanan ini menyayangkan bahwa Pancasila ini hanya sekedar slogan, bahkan dijadikan sarana memecah belah bangsa oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Pancasila, wawasan kebangsaan hanya menjadi slogan kadang-kadang menjadi sarana untuk memecah-belah. Padahal, jelas Pancasila itu sarana untuk mempersatukan, saya ingatkan lagi, mempersatukan bukan jadi alat untuk memecah-belah, apalagi mengatakan aku Pancasila, kalian bukan Pancasila, itu berbahaya sekali," tandasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)