Dua Strategi Satgas Agar Indonesia Bebas dari Gelombang Ketiga Covid-19

Sabtu, 27 November 2021 - 03:06 WIB
loading...
Dua Strategi Satgas Agar Indonesia Bebas dari Gelombang Ketiga Covid-19
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan ada dua kunci pengendalian Covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan dua kunci pengendalian Covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kunci pertama, kata Wiku, yakni kesadaran masyarakat untuk tetap memakai masker dan menjaga jarak. Kemudian, masyarakat juga diminta untuk tidak menunda-nunda dalam menerima vaksinasi Covid-19. "Kedua, keseriusan pemerintah dalam pengawasan protokol kesehatan dan distribusi vaksin pada wilayah-wilayah yang cakupannya masih rendah," ujarnya, Jumat (26/11/2021).



Wiku memaparkan, cakupan vaksinasi dosis lengkap di Indonesia juga perlu dikejar mengingat, capaiannya saat ini masih kurang dari 50%. Menurut Wiku, vaksinasi dosis lengkap bisa memberikan perlindungan maksimal. "Jika upaya ini telah dilakukan tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa lolos dari ancaman gelombang ketiga pascaperiode Nataru," tuturnya.



Wiku membeberkan, saat ini kegiatan masyarakat di Indonesia telah berangsur normal. Meskipun pemakaian masker diwajibkan, namun tidak sepenuhnya diawasi dengan baik. Satgas Covid-19 masih melihat pelanggaran di beberapa tempat umum.

"Kepatuhan protokol kesehatan ini harus diterapkan dan diawasi secara serius dengan memastikan terdapat satgas di setiap tempat umum karena jika kita lengah, potensi terjadinya kenaikan kasus akan semakin besar," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3587 seconds (0.1#10.140)