Indonesia Jadi Tuan Rumah SARBICA 2021, Tekankan Pentingnya Arsip Penanganan Covid-19

Selasa, 23 November 2021 - 19:40 WIB
loading...
A A A
Seminar internasional yang diikuti peserta dari dalam dan luar negeri, pada hari pertama membahas materi 'Memory and World Documentary Heritage'. Pada seminar ini menekankan pembahasan hubungan antara arsip, warisan dokumenter, dan kebudayaan yang menjadi hal fundamental untuk dipahami dalam penominasian arsip pada program Memory of the World (MoW) UNESCO.

Pada sesi ini juga mengulas bahwa Asia Tenggara pun memiliki arsip yang berpotensi untuk diajukan dalam program MoW UNESCO melalui joint nomination.

Hari kedua, seminar mengenai 'Archives and Pandemic Response' yang fokus membahas peran lembaga kearsipan dan pencipta arsip untuk terlibat aktif dalam pelestarian arsip pandemi Covid-19 yang menjadi sumber pengetahuan bagi generasi mendatang, khususnya dalam menghadapi dan mengatasi situasi pandemi Covid-19.

Selanjutnya, di hari ketiga, seminar "Digital Transformation for Records and Archives Management". Seminar fokus membahas transformasi digital di bidang kearsipan yang dilakukan melalui berbagai metode. Di antaranya, pemanfaatan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence dan perangkat lunak sumber terbuka (open source).
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2248 seconds (0.1#10.140)