80% Penduduk Disebut Terinfeksi Varian Delta, Begini Tanggapan Satgas Covid-19

Selasa, 23 November 2021 - 19:24 WIB
loading...
80% Penduduk Disebut Terinfeksi Varian Delta, Begini Tanggapan Satgas Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto/Biro Pers Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Pernyataan epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Citra Indriani yang menyebut sekitar 80 persen penduduk Indonesia kemungkinan sudah terinfeksi varian Delta ditanggapi oleh Satgas Penanganan Covid-19. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan saat ini sero survei antibodi SARS COV-2 masih terus bergulir dijalankan di 34 provinsi Indonesia.

“Yang mencakup sekitar 1.000 desa dan wilayah aglomerasi," ujar Wiku dalam keterangan pers secara virtual, Selasa (23/11/2021).

Dia mengatakan, program yang dijalankan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), serta didukung peneliti-peneliti perguruan tinggi di Indonesia diperkirakan akan segera dianalisis dan hasilnya dapat keluar pada minggu ketiga atau keempat akhir 2021. Hasilnya, kata dia, dapat memberikan informasi tentang seberapa besar kekebalan komunitas yang telah terbentuk di Indonesia.



“Baik karena infeksi alamiah dan vaksinasi. Sehingga dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan yang berbasis data dan fakta," katanya.

Sebelumnya, epidemiolog UGM Citra Indriani menyebut sekitar 80% penduduk Indonesia kemungkinan sudah terinfeksi varian Delta, kendati saat ini kondisi kasus Covid-19 disebut turun. Menurutnya, varian Delta telah menginfeksi penduduk Indonesia dan membuat sejumlah kasus positif Covid-19 di Tanah Air akhirnya mengalami penurunan secara drastis.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)