Pererat Persaudaraan, Kominfo Gelar Festival Bagimu Tanah Papua

Senin, 22 November 2021 - 02:47 WIB
loading...
Pererat Persaudaraan, Kominfo Gelar Festival Bagimu Tanah Papua
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Festival Bagimu Tanah Papua. Foto/Tangkapan Layar YouTube Kominfo TV
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ) menggelar Festival Bagimu Tanah Papua . Ini merupakan rangkaian program Teras Negeriku lewat kegiatan dialog kebangsaan dan pertunjukan budaya dari Sabang sampai Merauke.

Koordinator Informasi dan Komunikasi Pertahanan dan Keamanan Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Dikdik Sadaka mengatakan tujuan kegiatan itu untuk menyatukan keberagaman budaya Indonesia, menghilangkan perbedaan, dan mempererat persaudaraan sesama anak bangsa Indonesia. “Generasi muda Papua kita koneksikan dengan pemuda di Yogyakarta. Kita saling berkomunikasi melalui seni dan budaya. Karena kita semua adalah Indonesia,” katanya dikutip dari siaran persnya, Minggu (21/11/2021).

Adanya festival ini diharapkan agar Papua terasa semakin dekat dengan seluruh masyarakat Indonesia, walaupun jauh di ujung timur Indonesia. “Papua itu harus dekat dengan hati kita semua,” ungkapnya.



Dalam festival seni kali ini, Kominfo mempertemukan masyarakat Papua di Kota Jayapura dengan warga di Kota Sleman, Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid, di mana anak-anak muda Papua yang berkumpul di Kota Jayapura saling menyapa melalui virtual dengan anak-anak muda di Kota Sleman, Yogyakarta.

Acara ini juga dapat disaksikan lewat kanal youtube Teras Negeriku. Anggota DPD RI Yorrys Raweyai menilai perlu adanya semangat kebersamaan dan saling mengisi antara masyarakat Papua dan masyarakat di daerah lain.

“Diperlukan adanya kebersamaan dan saling mengisi serta berbagi bahwa kita ini (masyarakat Papua) adalah bagian dari Indonesia,” kata Yorrys.

Legislator senior asal Papua ini juga menekankan agar pemerintah perlu membangun karakter nasional khususnya mengenai isu-isu di Papua. Pemerintah perlu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa Papua adalah bagian integral dari Indonesia.

“Papua adalah bagian dari Indonesia. Komitmen kehidupan berbangsa dan bernegara kita sudah final. Kegiatan semacam ini (Festival Bagimu Tanah Papua) adalah salah satu cara mendekatkan Papua ke seluruh masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Salah satu putra asli Papua yang sekarang berada di pemerintahan pusat Lenis Kogoya mengatakan perkembangan tanah Papua kini semakin pesat. Dia membeberkan bahwa saat ini jalan-jalan di perkampungan pedalaman Papua kini sudah bisa diakses.

Selain itu pelaksanaan PON XX juga membuktikan bahwa Papua mampu menyelenggarakan event akbar nasional, sukses dari sisi penyelenggara maupun prestasi atlet. “Perbedaannya kini sudah sangat jauh, kini Papua sudah berbenah. PON XX membuktikan, awalnya kami dianggap tidak mampu, tapi bisa berhasil sebagai penyelenggara maupun prestasi. Geliat masyarakat Papua kini tumbuh untuk membangun tanah Papua. Masyarakat adat di Papua juga lebih damai menyambut masa depan yang sejahtera,” ungkapnya.

Lenis berharap ke depan Papua akan menjadi provinsi yang terdepan dan maju. Dia mengajak masyarakat Papua untuk optimis membangun tanah Papua, diiringi dengan semangat kebersamaan dengan seluruh masyarakat Indonesia.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)