Masih Pandemi Covid-19, Polemik Tes PCR Harus Dihentikan

Kamis, 18 November 2021 - 01:03 WIB
loading...
Masih Pandemi Covid-19, Polemik Tes PCR Harus Dihentikan
Polemik tes PCR yang terjadi belakangan ini harus segera dihentikan mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polemik tes PCR yang terjadi belakangan ini harus segera dihentikan. Salah satu cara keberhasilan Indonesia melawan Covid-19 adalah dengan tes PCR.

Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif Institut Keadilan dan Kebijakan publik (INSKKEP) William Yani Wea. Menurutnya, polemik tes PCR yang berkepanjangan di tengah pandemi saat ini hanya akan memperburuk kondisi. Untuk itu, dia meminta kepada semua elemen masyarakat kembali bersatu menghadapi Covid-19 yang diprediksi akan terjadi gelombang ketiga. "Mari kita berpikir positif. Nyatanya Covid-19 itu masih ada dan tes PCR masih sangat dibutuhkan untuk mengendalikannya," kata William, Rabu (17/11/2021).

William menyayangkan tindakan sekelompok masyarakat yang melaporkan adanya dugaan mafia tes PCR ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurutnya, hal itu sangat nengada-ngada dan hanya ingin memperkeruh keberhasilan pemerintah dalam mengendalikan Covid-19. Adapun alasanya, William menyebutkan bahwa tes PCR tidak menggunakan uang negara dan tidak berurusan dengan kebijakan pembuat kewenangan untuk harga tes PCR.



Dia menilai harga tes PCR berdasarkan hukum pasar yang berlaku saat itu. Apalagi, tes PCR berlaku untuk semua pengelola tes PCR dan tidak ada diskriminasi. "Jadi yang masih bicara mafia PCR pasti urusan politik bukan urusan kepentingan rakyat," tegasnya.

William menjelaskan, keberhasilan Indonesia untuk mengendalikan Covid-19 saat ini tidak terlepas dari gencarnya tes PCR yang dilakukan pemerintah dan pelaku usaha. Untuk itu, terlepas dari polemik yang ada, William krmbali mengajak masyarakat mengapresiasi peran serta pemerintah yang berkolaborasi dengan pelaku usaha dalam memperbanyak tes PCR.

"Kami menyarankan agar pemerintah membuka secara transparansi bagaimana tes PCR dijalankan untuk mengendalikan Covid-19 yang kini telah berhasil dilakukan, ajak masyarakat bersatu kembali melawan Covid-19," pungkasnya
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)