Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman Besok Dilantik Jokowi Jadi KSAD

Selasa, 16 November 2021 - 21:09 WIB
loading...
Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman Besok Dilantik Jokowi Jadi KSAD
Letjen TNI Dudung Abdurachman akan dilantik menjadi KSAD oleh Presiden Jokowi, Rabu (17/11/2021). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi dijadwalkan melantik Letjen TNI Dudung Abdurachman menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.

Informasi pelantikan Letjen Dudung menjadi KSAD disampaikan oleh Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin. "Iya dilantik jadi KSAD," katanya dalam pesan singkat yang dikirim ke SINDOnews, Selasa (16/11/2021) malam.

Untuk diketahui, Dudung Abdurachman saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Alumnus Akmil 1988 ini diangkat sebagai Pangkostrad sejak 25 Mei 2021 setelah dinilai sukses mengemban amanah sebagai Panglima Kodam Jaya (Pangdam Jaya).

Baca juga: Jika Letjen Dudung Abdurachman KSAD, Siapa Pangkostrad?

Pada November 2020, nama Dudung sempat disorot karena aksinya mencopot baliho bergambar Rizieq Shihab, yang saat itu menjadi pemimpin Front Pembela Islam (FPI). Dia beralasan, aksinya tersebut sebagai tanda bahwa semua pihak harus taat terhadap hukum yang ada di Indonesia, termasuk dalam urusan pemasangan baliho. Di saat yang sama Dudung juga melontarkan wacana agar FPI dibubarkan.

Pada Mei 2021, Dudung kembali menunjukkan ketegasannya dengan pernyataan komitmen untuk menumpas perilaku premanisme debt collector di wilayah Jabodetabek. Hal itu disampaikan sebagai respons atas aksi para debt collector yang sudah meresahkan, di antaranya kasus perampasan mobil yang tengah dikendarai anggota TNI saat hendak mengantar orang sakit.



Presiden Jokowi juga akan melantik Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi Panglima TNI pada Rabu (17/11/2021) di Istana Negara, Jakarta. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

Baca juga: 12 Jenderal Bintang Tiga Bersaing Posisi KSAD, Siapa Terpilih?

"Sesuai dengan doorstop bapak Presiden saat peresmian tol di Serang, beliau menyampaikan besok akan di laksanakan pelantikan Panglima," ujar Heru kepada wartawan, Selasa (16/11/2021).

Selain melantik Andika menjadi Panglima TNI, Jokowi juga melantik sejumlah tokoh menjadi duta besar (dubes) RI untuk negara sahabat. "Pelantikan Panglima dan dubes-dubes," kata Heru.
(abd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1625 seconds (10.177#12.26)