Jika Letjen Dudung Abdurachman KSAD, Siapa Pangkostrad?

Selasa, 16 November 2021 - 13:51 WIB
loading...
Jika Letjen Dudung Abdurachman KSAD, Siapa Pangkostrad?
Ada tiga jenderal bintang dua dan satu jenderal bintang tiga yang berpeluang menempati jabatan sebagai pangkostrad bila Letjen TNI Dudung Abdurrachaman ditunjuk sebagai KSAD. Foto/youtube kostrad
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi dijadwalkan melantik KSAD Jenderal Andika Perkasa sebagai panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/11/2021) besok. Andika menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang telah memasuki masa purna tugas.

Naiknya Andika ke tampuk pimpinan TNI, memunculkan spekulasi mengenai jabatan lowong KSAD . Salah satu nama yang makin santer untuk menduduki posisi tersebut adalah Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman . Sebagai orang yang ”berjasa” untuk menghentikan laju kelompok Front Pembela Islam (FPI), Dudung dianggap cocok menempati kursi jabatan nomor satu di tubuh TNI AD.

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono menguatkan kabar tersebut. Politikus Golkar itu mengaku telah mendengar informasi bakal dipilihnya Dudung untuk menggantikan Andika Perkasa di Mabesad. "Kami juga mendengar seperti itu," ujar Dave Laksono ketika dikonfirmasi, Selasa (16/11/2021).



Bila benar demikian, siapa yang bakal menempati kursi Dudung sebagai pangkostrad? Sejumlah jenderal bintang tiga dan bintang dua berpeluang kuat untuk menjadi orang nomor satu di Pasukan Cakra tersebut.

Di internal TNI beredar, mereka yang dikabarkan bakal jadi pangkostrad, bila benar Dudung dipromosikan sebagai KSAD, antara lain Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjutak. Abituren (lulusan) Akademi Militer 1992 dari kecabangan infanteri (Kopassus) ini sebelumnya menjabat Danpaspampres.

Ada pula Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji, rekan satu angkatan Andika Perkasa di Akmil 1987 ini juga dinilai punya kans. Jika terpilih, Mulyo Aji akan mengikuti jejak Kasum TNI Letjen TNI Eko Margiyono. Eko sebelumnya menjabat Pangdam Jaya lalu dipromosikan menjadi pangkostrad.

Selain itu, muncul nama Mayjen TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi. Sebagaimana Maruli, jenderal Kopassus abituren Akmil 1991 ini juga pernah menjabat Danpaspampres.



Data Litbang SINDOnews, tiga pangkostrad terakhir yang ditunjuk berasal dari pati bintang dua. Mereka yakni Besar Harto Karyawan, Eko Margiyono dan Dudung. Dengan menempati jabatan itu, bintang emas di pundak mereka otomatis bertambah satu (letjen).

Namun pada 14 Juli 2018, ketika ditunjuk sebagai pangkostrad Andika Perkasa sudah menyandang bintang tiga di pundak sebagai Dankodiklatad. Hanya empat bulan menjabat pangkostrad, Andika lalu ditunjuk menjadi KSAD.

Jika merujuk pengalaman itu, terdapat sejumlah pati bintang tiga yang bisa menjadi Pangkostrad. Selain Eko Margiyono, nama yang juga muncul dalam bursa Pangkostrad yakni Dankodiklat TNI Letjen TNI Madsuni.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)