Di Mako Brimob, Prabowo Subianto Cerita soal Namanya

Sabtu, 13 November 2021 - 03:34 WIB
loading...
Di Mako Brimob, Prabowo Subianto Cerita soal Namanya
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dianugerahi sebagai warga kehormatan Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri. Foto/Tim Media Prabowo
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dianugerahi sebagai warga kehormatan Korps Brigade Mobil ( Brimob ) Polri. Acara penganugerahan itu dilakukan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (12/11/2021).

Dalam acara itu, Prabowo mengungkapkan asal-usul namanya. Dia menceritakan tentang sosok almarhum pamannya yang tidak diketahui oleh banyak orang sebelumnya.

"Di keluarga saya, orang tua saya Pak Soemitro punya adik laki-laki yang gugur waktu perang kemerdekaan. Yang satu sebagai taruna di akmil Tangerang, namanya Suyono, gugur umur 16 tahun bersama dengan Daan Mogot pada peristiwa Lengkong, Januari 1946," kata Prabowo.



Kemudian, Prabowo menceritakan ada seorang prajurit polisi istimewa yang menjadi bagian dari keluarga besarnya, yaitu pamannya. Pamannya itu merupakan seorang perwira Polri.

Bahkan, Subianto yang menjadi bagian dari namanya itu berasal dari nama sang paman. "Yang banyak tidak tahu, paman saya yang satu lagi, kakaknya Suyono, namanya Subianto. Itulah nama yang saya sandang sekarang, Prabowo Subianto,” kata Prabowo.

Dia menjelaskan karier sang paman di awal-awal kemerdekaan Indonesia sudah tergabung dengan Korps Bhayangkara sebagai polisi istimewa, yakni cikal bakal Brimob saat ini. “Subianto itu dari Agustus 1945 tergabung dalam polisi istimewa. Polisi Istimewa adalah cikal bakal dari Brimob, jadi bisa dikatakan bahwa paman saya ya memang Korps Brimob,” ujarnya.

Maka itu, Prabowo mengaku sangat terharu dengan gelar warga kehormatan Korps Brimob itu. “Jadi mungkin takdir, ada malaikat yang membisikkan komandanmu, mungkin paman saya lihat dari atas. Hari ini kebahagian bagi saya bahwa saya keponakan polisi istimewa, seorang Brimob," imbuhnya.

Prabowo pun berpesan agar Korp Brimob ke depan bisa menjadi organisasi yang tangguh, kuat, dan menjadi andalan bangsa. "Garang terhadap musuh, tapi melindungi rakyat, cintai rakyat, dan dicintai rakyat. Jagalah kehormatan yang baik. Saudara adalah andalan negara dan bangsa," pungkasnya.

Adapun penganugerahan warga kehormatan Brimob kepada Prabowo Subianto itu sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Korps Brimob Polri yang jatuh pada 14 November 2021.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)