65 Kontingen Tiba di Palembang, PWN PTK ke-15 Siap Dibuka Menag

Rabu, 10 November 2021 - 20:31 WIB
loading...
65 Kontingen Tiba di Palembang, PWN PTK ke-15 Siap Dibuka Menag
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) M. Ali Ramdhani
A A A
PALEMBANG - Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) ke-15 yang digelar di Kota Palembang, Sumatera Selatan, akan dibuka besok, Kamis (11/11/2021). Sehari jelang dibuka secara resmi, panitia terus mematangkan persiapan teknis. Sebanyak 65 kontingen yang merupakan perwakilan perguruan tinggi keagamaan dari berbagai wilayah di Indonesia telah tiba di Palembang.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) M. Ali Ramdhani mengatakan, pembukaan PWN PTK rencananya akan dilakukan langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Kegiatan nasional ini akan berlangsung hingga Minggu (14/11/2021). “Total ada 1.146 peserta dari 65 kontingen yang diberangkatkan. Kita berharap kegiatan bisa berjalan sesuai rencana dan bersama-sama saling menyukseskan,” ujarnya, Rabu (10/11/2021).

Ali mengungkapkan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka kegiatan PWN PTK dengan yang mengusung tema ‘Konsistensi dalam Moderasi Beragama, Berkarya untuk Bangsa’ kali ini diselenggarakan dengan model hybrid. Artinya, beberapa kegiatan digelar secara daring karena mempertimbangkan upaya pencegahan potensi penyebaran virus corona.

Sesuai dengan arahan Menag Yaqut, pihaknya juga sudah menginstruksikan kepada panitia untuk memastikan seluruh kegiatan sudah mendapatkan izin dari Satgas Covid-19.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag Suyitno mengatakan, persiapan teknis penyelenggaraan PWN PTK telah matang. Termasuk soal izin kegiatan, menurut Suyitno, telah mendapatkan lampu hijau dari kepolisian maupun Satgas Covid. “Kendati telah mendapat izin dari lembaga berwenang, kami berharap kepada seluruh kontingan untuk berhati-hati dan menjaga betul protokol kesehatan sebagaimana yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Suyitno menjelaskan, PWN merupakan kegiatan Bakti Pramuka berupa perkemahan yang menyasar pembangunan masyarakat di tempat berlangsungnya kegiatan. Kegiatan ini sangat positif karena menjadi ajang penguatan karakter moderasi beragama bagi mahasiswa perguruan tinggi keagamaan seluruh Indonesia.

“Kegiatan akan difokuskan di Jakabaring Sport City, UIN Raden Fatah dan bakti di sekitar Kota Palembang,” ucapnya. CM
(ars)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1785 seconds (11.97#12.26)