Sepakat Akan Buka Perjalanan Indonesia-Malaysia, PM Ismail: Dimulai KL-Jakarta dan KL-Bali

Rabu, 10 November 2021 - 14:54 WIB
loading...
Sepakat Akan Buka Perjalanan Indonesia-Malaysia, PM Ismail: Dimulai KL-Jakarta dan KL-Bali
Perdana Menteri (PM) Malaysia YM Dato’ Sri Ismail Sabri Yaakob dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersepakat untuk membuka perjalanan Indonesia dan Malaysia. Foto/Tangkapan layar YouTube Setpres
A A A
JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Malaysia YM Dato’ Sri Ismail Sabri Yaakob dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersepakat untuk membuka perjalanan Indonesia dan Malaysia. Hal ini keduanya sampaikan setelah pertemuan keduanya di Istana Kepresidenan Bogor.

Seperti diketahui hari ini PM Ismail berkunjung ke Indonesia dalam lawatan pertamanya ke luar negeri.

“Hari ini saye dan Bapak Presiden telah mencapai persetujuan supaye Malaysia dan Indonesia dapat melaksanakan satu koridor perjalanan antara kedua negara melalui aturan travel corridor arrangement ataupun TVA atau Vaccinated Traveling,” ujarnya di Istana Bogor, Rabu (10/11/2021).

Ismail menyebut bahwa pembukaan perjalanan kedua negara akan dibahas lebih detail oleh menteri-menteri terkait. Dia mengatakan bahwa pembukaan perjalanan pertama yang dibuka adalah Kuala Lumpur (KL)-Jakarta dan KL-Bali.

“Saya telah bersetuju dengan Bapak Presiden, menteri-menteri yang berkaitan akan melihat secara dengan lebih detail supaya kita boleh memulakan membuka sempadan negara, kita boleh buka border kita. Dan mungkin perangkat awal ini kita mulakan dengan Kuala Lumpur-Jakarta-Kuala Lumpur, Kuala Lumpur-Bali-Kuala Lumpur,” paparnya.

Dia menuturkan jika detail mengenai mekanisme perjalanan kedua negara telah diselesaikan akan dilakukan pernyataan pers bersama antara kedua negara.

”Jadi insya Allah jika dipercepatkan urusan untuk detailnya, kita bersetuju tadi supaya joint statement akan kita buat untuk kita mengumumkan pembukaan border antara Malaysia dengan Indonesia,” paparnya.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pembukaan perjalanan kedua negara akan mendukung upaya pemulihan ekonomi.

“Dan guna mendukung upaya pemulihan ekonomi, tadi kita juga sudah sepakat untuk dibuat travel corridor arrangement yang secara bertahap nanti akan kita membukanya satu per satu,” ujar Jokowi.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)