Mobilitas Masyarakat Meningkat, Pemerintah Diingatkan Potensi Kenaikan Covid-19

Jum'at, 05 November 2021 - 14:46 WIB
loading...
Mobilitas Masyarakat Meningkat, Pemerintah Diingatkan Potensi Kenaikan Covid-19
Kasus Covid-19 di Tanah Air saat ini sedang menurun. Secara umum saat ini tingkat reproduksi Covid-19 sudah di bawah 1 artinya penularan semakin rendah. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kasus Covid-19 di Tanah Air saat ini sedang menurun. Bahkan, secara umum saat ini tingkat reproduksi Covid-19 sudah di bawah 1 artinya tingkat penularan semakin rendah.



"Dan beberapa analisis menyebutkan, reproduksi itu sudah mulai menurun mencapai di beberapa daerah itu di bawah 1. Artinya penularannya semakin rendah," tambahnya.

Meski begitu, beberapa waktu lalu Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy melaporkan sebanyak 131 Kabupaten/Kota di Tanah Air mengalami tren kenaikan angka Covid-19.

"Tetapi kalau kita rinci di beberapa seperti yang baru saja dilaporkan, di mana ada kabupaten kota yang mengalami kenaikan, masih belum menurun. Bahkan ada di beberapa tempat masih naik turun ya, ada kecenderungan di minggu terakhir malah naik," ucap Amin.

Amin mengingatkan, ketika mobilitas masyarakat tinggi akan memberikan kesempatan pada virus ini untuk menemukan host atau tempat baru untuk menyebar.

"Kalau kita cermati lebih lanjut, sebagian besar itu memang masih disebabkan karena sama yang terjadi di China juga," ungkapnya.

"Artinya mobilitas penduduk itu yang masih memberi kesempatan kepada virus itu untuk menemukan host baru. Jadi mereka masih bisa tersebar kemudian hinggap di orang lain," tambahnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2616 seconds (0.1#10.140)