DPR Minta Timsel KPU-Bawaslu Teliti Telusuri Keterkaitan Calon dengan Parpol

Rabu, 03 November 2021 - 07:15 WIB
loading...
DPR Minta Timsel KPU-Bawaslu Teliti Telusuri Keterkaitan Calon dengan Parpol
Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus mengingatkan kepada Tim Seleksi (Timsel) Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 agar bekerja profesional, transparan, dan akuntabel. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - DPR mengingatkan kepada Tim Seleksi (Timsel) Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 agar bekerja profesional, transparan, dan akuntabel. Timsel harus bisa melakukan tindakan preventif guna menghindari berbagai kecurangan yang akan terjadi.

"Timsel diharapkan dapat memilih kandidat penyelenggara pemilu yang berintegritas," ujar Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

Menurut Guspardi, jangan sampai ada kandidat calon yang membuat surat keterangan palsu dengan menyatakan bahwa dirinya bukanlah anggota atau tergabung parpol dalam kurun lima tahun terakhir. Sehingga diperlukan ketelitian dalam melakukan verifikasi yang akurat dan bekerja secara profesional.

"Salah satu yang perlu diperhatikan yakni terkait latar belakang kandidat yang hendak mendaftar. Proses verifikasi calon Anggota KPU-Bawaslu harus betul-betul dilaksanakan secara teliti, profesional, dan akurat. Terutama, terkait syarat tidak bolehnya calon Anggota KPU terlibat atau tergabung sebagai anggota partai politik dalam lima tahun terakhir," jelasnya.

Apalagi, kata Legislator asal Sumatera Barat itu, masyarakat sedang menyorot kinerja Timsel, bagaimana agar dapat bekerja profesional, berintegritas, transparan, dan akuntabel. Kalau semua itu dilakukan, tentu akan mendapatkan dukungan dan apresiasi dari masyarakat luas.

"Pada gilirannya hasil kerja Timsel ini dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat bahwa Timsel ini bekerja secara profesional, independen, transparan, dan akuntabel," ucap Politisi PAN ini.

"Apalagi setiap tahapan dilaporkan tertulis kepada Komisi II secara berkala dan itu akan kami telaah, kaji, dan tindaklanjuti," imbuhnya.

Oleh karena itu, dia menegaskan Komisi II DPR RI juga memastikan tidak akan mengintervensi kerja-kerja dari Timsel dalam melaksanakan tugasnya menjaring para kandidat calon Anggota KPU dan Bawaslu.

"Kita memberikan dukungan penuh kepada Timsel bekerja secara profesional, independen, transparan, dan akuntabel untuk menjaring kandidat calon Anggota KPU dan Bawaslu yang profesional kredibel dan berintegritas," pungkas Anggota Baleg DPR RI ini.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)