Hari Sumpah Pemuda, Kapolri: Generasi Muda Harus Mampu Wujudkan Indonesia Emas 2045

Kamis, 28 Oktober 2021 - 14:28 WIB
Hari Sumpah Pemuda, Kapolri: Generasi Muda Harus Mampu Wujudkan Indonesia Emas 2045
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berharap kepada seluruh generasi muda untuk mempersiapkan diri guna mewujudkan Indonesia Maju dan Indonesia Emas di 2045. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berharap kepada seluruh generasi muda untuk mempersiapkan diri guna mewujudkan Indonesia Maju dan Indonesia Emas di 2045.

Hal tersebut disampaikan Kapolri dalam merefleksikan momentum Hari Sumpah Pemuda, dalam akun Instagram resminya @kepalakepolisian_ri, Kamis (28/10/2021).

"Kita harus mempersiapkan peningkatan sumber daya manusia terutama pada generasi muda sehingga kesempatan ini dapat digunakan untuk mewujudkan mimpi bangsa Indonesia menjadi Indonesia Maju dan Indonesia Emas 2045," kata Sigit. Baca juga: Hari Sumpah Pemuda, Muhammadiyah Ajak Generasi Muda Terus Bersatu

Sigit mengungkapkan, pada 2030 sampai dengan 2040, Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi dimana penduduk usia produktif usia 15 sampai dengan 64 tahun lebih besar dibandingkan dengan penduduk usia tidak produktif yaitu usia di bawah 15 tahun, dan di atas 64 tahun.



Menurut Sigit, pada periode tersebut, penduduk usia produktif diperkirakan mencapai 64% dari total penduduk Indonesia atau sebesar 297 juta jiwa. Sebab itu, Ia berharap, Indonesia dapat mengambil manfaat dari bonus demografi tersebut. Baca juga: Hari Sumpah Pemuda, Partai Perindo Gelar Podcast Halo Bung Perindo, Cek Medsos Partai Perindo Pukul 16.00!

Dengan memanfaatkan bonus demografi di usia produktif, maka generasi muda khususnya harus mampu mempersiapkan diri untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju lagi ke depannya. "Agar Indonesia dapat memetik manfaat dari bonus demografi tersebut," ujar Sigit.

Di sisi lain, Sigit juga mengutip kalimat dari pendiri bangsa Presiden Soekarno "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan ku cabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncangkan dunia".

"Sebuah kalimat legenda yang sempat dicetuskan oleh salah satu pendiri bangsa Bung Karno yang menjadi motivasi bagi seluruh generasi muda untuk meningkatkan kualitas SDM-nya," ucap mantan Kapolda Banten ini.

Lebih dalam, Sigit mengajak untuk seluruh pihak dapat menciptakan generasi muda yang tangguh, berkarakter, mandiri, dan hebat. “Selamat Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021. Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh," tutup Sigit.
(cip)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1529 seconds (10.177#12.26)