Safari PP Bamusi ke Makam Walisongo Ditutup dengan Ziarah Makam Bung Karno

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 18:25 WIB
loading...
Safari PP Bamusi ke Makam Walisongo Ditutup dengan Ziarah Makam Bung Karno
Mengawali perjalanan safari Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia (PP Bamusi) PDIP dengan ber-takziyah ke makam Sunan Gunung Jati di Cirebon Jawa Barat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mengawali perjalanan safari Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia (PP Bamusi) PDIP dengan ber-takziyah ke makam Sunan Gunung Jati di Cirebon Jawa Barat. Agenda ziarah ke makam Walisongo merupakan rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad sekaligus Hari Santri Nasional 2021.

Takziyah dilanjutkan secara berurutan ke makam Walisongo yakni Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu Demak Jawa Tengah, lalu makam Sayyid Ja'far Shodiq atau Wali Alloh Sunan Kudus, selanjutnya ke Daerah Dataran Tinggi ke makam Raden Umar Said yakni Kanjeng Sunan Muria, dan lanjut ke makam Syekh Maulana Makhdum Ibrahim atau Sunan Bonang di Tuban Jawa Timur.

Lalu dilanjutkan ke makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi di Tuban yang merupakan Ayah dari Sunan Ampel, lanjut ke Makam Raden Qosim yakni Sunan Derajat yang juga Putera dari Sunan Ampel, terus dilanjutkan takziyah ke makam Syekh Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik yang berada di tengah Kota Gresik Jawa Timur, lalu lanjut ke Makam Raden Paku atau Sunan Giri yang berkuasa pada pemerintahan Gresik yang ditunjuk oleh Sultan Demak I Raden Fatah pada 9 Maret Tahun1487.

"Takziyah berlanjut ke makam Sunan Ampel di Kota Surabaya Jawa Timur yang kesemua pelaksanaan takziyah dan pembacaan doa itu bisa dilakukan langsung di atas pusara para Wali Songo yang kesemua makam bersifat tertutup di dalam ruang keramat yang dijaga sangat ketat oleh para pengelola/juru kunci di setiap makam para Wali Alloh yang sangat sakral itu. Alhamdulillah rombongan Safari dengan kewibawaan misi agung ini dapat mendoa tanpa sekat di makam para Wali Alloh tersebut," ujar
Ketua Bidang Dakwah PP Bamusi KH Nukman Bashori dalam keterangannya, Jumat (22/10/2021).

Sebelumnya, acara safari PP Bamusi dibuka secara resmi oleh Ketua Umum PP Bamusi Prof Dr Hamka Haq di Jakarta, Selasa (19/10/2021) dan dipimpin oleh Sekretaris Umum H Nasyirul Falah Amru dengan Kepala Rombongan Safari dikomandoi oleh Ketua Bidang Dakwah KH Nukman Bashori.

"Alhamdulillah dapat menjalankan misi silaturahmi dan dalam rangka syi'ar dakwah peringatan Hari Santri Nasional dan juga Maulud Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriyah dapat menyempurnakannya dengan ber-takziyah di pusara makam pimpinan besar revolusi Presiden Ir Soekarno di Blitar Jawa Timur," tuturnya.

Dia melanjutkan pada Kamis (21/10/2021) malam tim teknis safari rihlah dapat membacakan doa, surat yasin, dan tahlil secara langsung di atas pusara Bung Karno. "Dengan komunikasi dan koordinasi yang sangat intensif akhirnya rombongan safari menggenapkan misi mulia ini dengan berdoa di makam Bung Karno di Bumi Kota Pancasila Blitar," ucapnya.

Pada momen Hari Santri Nasional hari ini Jumat (22/10/2021), rombongan safari tetap menjalankan misi silaturahmi ke pondok pesantren di Malang, Jawa Timur, dan selanjutnya kembali ke Jakarta.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6473 seconds (0.1#10.140)