Anies Baswedan Dideklarasikan Capres 2024, Pengamat Ingatkan Hal Penting Ini

Kamis, 21 Oktober 2021 - 07:18 WIB
Anies Baswedan Dideklarasikan Capres 2024, Pengamat Ingatkan Hal Penting Ini
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Dok PPID DKI
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didorong maju menjadi kandidat Pilpres 2024 oleh Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES). Kelompok masyarakat itu mendeklarasikan dukungannya untuk Anies Baswedan di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (20/10/2021).

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai deklarasi relawan terhadap Anies Baswedan itu merupakan hal yang wajar. “Itu bagian dari kreativitas relawan yang ingin Anies maju sebagai capres. Keinginan relawan tersebut tentu sulit ditolak Anies,” kata Ujang kepada SINDOnews, Kamis (21/10/2021).

Namun, menurut Ujang, hal pokok dan substansi dalam pencapresan harus dikalkulasi dengan matang juga. “Butuh koalisi pendukung partai politik, mesti memiliki elektabilitas tinggi, menentukan cawapres yang cocok, perlu logistik yang banyak, dan lain-lain,” katanya.

Baca juga: Kelompok Sipil ANIES Deklarasikan Dukung Anies Baswedan Jadi Presiden 2024



Dia menilai peran relawan sangat penting dalam pilpres. “Namun, soal persyaratan di atas tak boleh dipandang sebelah mata. Karena persyaratan itu pokok. Jika tak dapat partai, maka sulit juga jadi capres. Begitu juga jika elektabilitasnya rendah, akan sulit menang,” ujarnya.

Kemudian, dia mengatakan jika logistiknya juga sedikit akan menjadi berat bagi Anies. Karena, lanjut dia, Anies akan berhenti jadi gubernur mulai Oktober 2022. Sehingga, kata dia, ada jeda waktu dua tahun menuju Pilpres 2024.

“Ini juga tantangan bagi Anies sendiri. Karena tak punya jabatan. Kombinasi dukungan relawan dengan dukungan partai, elektabilitas tinggi, dan kekuatan logistik ini yang mesti diperhatikan Anies. Jika dia ingin benar-benar jadi capres,” pungkasnya.
(rca)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2385 seconds (11.252#12.26)