Ingin Ada 3 Poros di Pilpres 2024, PPP Buka Peluang Koalisi dengan Tiga Partai Ini

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 15:21 WIB
loading...
Ingin Ada 3 Poros di Pilpres 2024, PPP Buka Peluang Koalisi dengan Tiga Partai Ini
Ketua DPP PPP Ahmad Baidowi menginginkan hadirnya tiga poros dalam peta Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmad Baidowi menginginkan hadirnya tiga poros dalam peta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 . Oleh karena itu, partainya sejak dini membuka peluang untuk berkoalisi dengan sejumlah partai politik.

"Harapan kami, saya selaku orang yang membentuk undang-undang memang mendesain peserta pilpres itu 3 poros," kata pria yang akrab disapa Awiek, Jumat (15/10/2021).

Dengan tak adanya perubahan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, dia meyakini presidential treshold atau ambang batas pencalonan presiden sebesar 20% kursi di parlemen, maka potensi 3 poros tersebut berpeluang besar terjadi.

Apalagi, kata dia, jika dilihat dari pemberitaan di media, saat ini ada beberapa partai politik yang berencana membentuk porosnya masing-masing. "Kalau di beberapa media menyebutkan adalah satu poros PDIP, satu poros Golkar dan satu lagi poros lainnya," ujarnya.

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI itu menyebut PPP memiliki peran untuk mewujudkan poros ketiga tersebut. Dengan cara, membentuk koalisi dengan partai politik yang belum memiliki sikap ihwal Pencapresan 2024. "Di poros yang lain itu, itu tergantung PPP juga. Apakah PPP tertarik dengan poros ketiga misalkan Nasdem, PAN, PPP itu sudah 21%, itu memang memungkinkan," tuturnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)