Kapolri Tinjau Vaksinasi di Surabaya, Minta Petugas Datangi Warga

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 13:56 WIB
loading...
Kapolri Tinjau Vaksinasi di Surabaya, Minta Petugas Datangi Warga
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta petugas memperbarui strategi agar target percepatan vaksinasi nasional tercapai. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau serbuan vaksinasi di lapangan THOR Darmo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat, (15/10/2021). Dalam kegiatan ini, juga dilakukan vaksinasi serentak di 39 polres jajaran Polda Jawa Timur.

Sigit mengapresiasi jajaran Forkopimda di Jawa Timur baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang terus mempercepat capaian vaksinasi. Berdasarkan laporan yang diterimanya, wilayah Jawa Timur beberapa kali sudah mencapai target, bahkan mengalami peningkatan capaian vaksinasinya. Bahkan di wilayah Banyuwangi, Sigit menerima laporan bahwa capaian vaksinasi sudah di angka 60 persen.

"Ini terus ditingkatkan agar target 2 juta vaksinasi dalam sehari yang ditargetkan Pak Presiden bisa tercapai dan mencapai vaksinasi 70 persen dalam rangka membentuk kekebalan yang diharapkan. Yang capaian vaksinnya masih rendah terus tingkatkan strategi, mulai vaksinasi massal sampai bagaimana mendatangi dan melayani masyarakat di titik-titik tidak terjangkau dengan mobile dan door to door," ujar Sigit.



Dengan capaian vaksinasi yang tinggi, Sigit melihat beberapa wilayah di Jawa Timur sudah mulai mengalami penurunan level PPKM. Bahkan wilayah Blitar menjadi role model PPKM level 1. Adanya penurunan level PPKM, Sigit mengingatkan jajaran Forkopimda untuk tetap menekan laju pertumbuhan Covid-19. Sebab penurunan level PPKM berdampak pelonggaran aktivitas masyarakat yang berpotensi terjadinya transmisi penularan Covid-19.

"Ini tentunya menjadi perhatian kita semua pada saat aktivitas masyarakat meningkat laju pertumbuhan Covid-19 bisa dikendalikan dan strateginya bagaimana menegakan prokes yang ketat dan disisi lain kegiatan vaksinasi ditingkatkan sehingga capaian 70 persen bisa terlaksana," ujarnya.



Dalam kegiatan vaksinasi ini, ditargetkan 71.848 dosis vaksin disuntikkan dengan sasaran lansia, kelompok penyandang disabilitas, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Jenis vaksin yang disiapkan yakni Sinovac dan Astrazaneca dengan jumlah vaksinator sebanyak 1.795 yang merupakan gabungan dari TNI-Polri, Dinkes dan relawan.

Selain Lapangan Dharmo, Hadi dan Sigit juga meninjau vaksinasi di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Kegiatan ini merupakan inisiasi Pusat Penerbangan TNI AL (PUSPENERBAL) bekerjasama dengan Polri dan STIKES Hangtuah Surabaya, dengan target 2.000 dosis.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)