GMPI Jalin Kerja Sama dengan Organisasi Pemuda Turki

Senin, 11 Oktober 2021 - 15:55 WIB
loading...
GMPI Jalin Kerja Sama dengan Organisasi Pemuda Turki
Pimpinan Pusat Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) menjalin kerja sama di bidang kepemudaan dengan organisasi pemuda AK Parti, Akparti Gençlik Kollar? Turki. Foto/Istimewa/GMPI
A A A
JAKARTA - Pimpinan Pusat Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) menjalin kerja sama di bidang kepemudaan dengan organisasi pemuda AK Parti, Akparti Gençlik Kolları Turki. Kesepakatan itu tercapai dalam pertemuan Ketua Umum PP GMPI Achmad Baidowi bersama Vice Chairman, Youth Branch, Head of Foraign Affairs AK Parti Muhammed Abdullah Onus dan anggota MKYK Cemal Oğuz Kılıç.

Pertemuan digelar di Kantor AK Parti Istanbul, Turki, Minggu 10 Oktober 2021. Rencana konferensi organisasi pemuda partai berbasis agama se-dunia juga dibahas dalam pertemuan selama sejam tersebut.

"Kunjungan kami ke AK Parti untuk memperkuat jaringan internasional sesama pemuda partai. Dalam lawatan tersebut, dibahas sejumlah hal terkait pemberdayaan pemuda di bidang politik, pendidikan, dan ekonomi," ujar Achmad Baidowi dalam siaran persnya, Senin (11/10/2021).

Dia menjelaskan, PPP dan AK Parti sama-sama partai di koalisi pemerintahan di negaranya masing-masing. Sehingga kedua partai punya kesamaan visi pembangunan keumatan. "Indonesia mayoritas berpenduduk muslim, begitu juga AK Parti dengan Turki. Kesamaan ini memudahkan kerja sama kedua negara," kata pria yang akrab disapa Awiek ini.

Awiek menambahkan, dalam kerja sama pendidikan dimungkinkan kedua organisasi untuk bertukar informasi mengenai studi lanjut di kedua negara. Sehingga GMPI dan AK Parti sama-sama bisa memfasilitasi informasi bagi pelajar yang hendak studi.

Dia melanjutkan, dalam bidang politik dimungkinkan untuk kerja sama dalam kegiatan webinar maupun konferensi internasional. Salah satu gagasan yang muncul adalah konferensi sayap pemuda partai berbasis agama di dunia.

"Jadi, partai-partai berbasis agama di dunia yang memiliki sayap kepemudaan bisa bergabung dalam konferensi ini," ujar sekretaris Fraksi PPP DPR RI ini.

Dalam bidang ekonomi, kata dia, dibahas mengenai kemungkinan kerja sama pengembangan ekonomi pesantren. Muhammed Abdullah menyambut baik kunjungan Awiek.



Dia berharap, silaturahmi berlanjut kerja sama, di antaranya pertukaran pemuda antarkedua negara dan konsolidasi program kepemudaan partai. "Kami menyambut baik kunjungan Ketum GMPI. Semoga kami juga nanti bisa berkunjung ke Jakarta," ujarnya.

Semula, pertemuan direncanakan di Kantor AK Parti Ankara. Namun, karena keterbatasan waktu, pertemuan dipindah ke Istanbul. Diketahui, AK Parti merupakan partai politik di Turki. Partai yang didirikan pada 14 Agustus 2001 ini di bawah kepemimpinan Presiden Turki, Recep Tayyip ErdoÄŸan.

Selain dengan AK Parti, GMPI juga menjajaki kerja sama dengan sayap pemuda PAS Malaysia, sayap pemuda PKR Malaysia, dan beberapa lainnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3031 seconds (0.1#10.140)