Soal Umrah, HNW Nilai Tingkat Vaksinasi Bisa Jadi Daya Tawar Indonesia ke Saudi

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 05:54 WIB
loading...
Soal Umrah, HNW Nilai Tingkat Vaksinasi Bisa Jadi Daya Tawar Indonesia ke Saudi
Anggota Komisi VIII DPR Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid menyebut bahwa diplomasi harus terus digencarkan Pemerintah Indonesia kepada Arab Saudi dalam rangka dibukanya pelaksanaan ibadah umrah untuk jamaah asal Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid menyebut bahwa diplomasi harus terus digencarkan Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Arab Saudi dalam rangka dibukanya pelaksanaan ibadah umrah untuk jamaah asal Indonesia.

HNW mengatakan bahwa Indonesia yang sampai saat ini masih menjadi salah satu penyumbang jamaah umrah terbesar di dunia memiliki nilai tawar sendiri kepada Pemerintah Arab Saudi. Salah satunya terkait dengan tingkat vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Indonesia yang terbilang cukup tinggi.

"Jadi kalau melihat kepada fakta ini sesungguhnya pemerintah bisa menjadikan ini sebagai bagian dari diplomasi yang disampaikan," ujar HNW dalam diskusi yang digelar di media center DPR, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Tak hanya tingkat vaksinasi yang bisa dibanggakan Indonesia, kata dia, pemerintah juga bisa menunjukkan data tentang penanganan kasus Covid-19 di Indonesia. Menurutnya, belakangan ini perkembangan kasus konfirmasi positif Covid-19 maupun kasus meninggal dunia akibat Covid-19 telah menunjukkan angka yang terus menurun.

"Sehingga itu mestinya juga bisa menjadi bagian daripada yang bisa dikomunikasikan secara langsung," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR itu menyebut diplomasi soal penyelenggaraan umrah bagi Indonesia tidak cukup diselesaikan di level Direktur Jenderal (Dirjen) Urusan Haji dan Umrah saja. Akan tetapi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) perlu turut terlibat dalam membangun komunikasi secara langsung dengan Raja Arab Saudi.

"Kami berkali-kali mengusulkan agar pihak pemerintah melakukan upaya lebih maksimal lagi dengan berkomunikasi secara langsung dengan pihak Saudi Arabia dalam konteks ini tidak cukup dengan kedutaannya, tapi langsunglah antar menteri atau bahkan Pak Presiden, Pak Jokowi kami mengusulkan bisa berkomunikasi langsung dengan pihak Raja Salman," tutur dia melanjutkan.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)