Jokowi: Kita Bersiap Sambut Pandemi Covid-19 sebagai Endemi

Senin, 27 September 2021 - 16:52 WIB
loading...
Jokowi: Kita Bersiap Sambut Pandemi Covid-19 sebagai Endemi
Presiden Jokowi mengatakan saat ini tren penanganan Covid-19 mengalami perbaikan di Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia semakin baik. Hal itu dibuktikan dengan semakin menurunnya kasus Covid-19.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini tren penanganan Covid-19 mengalami perbaikan di Indonesia. Namun demikian, Kepala Negara mengingatkan semua pihak untuk tetap waspada. Jokowi menuturkan sejatinya pandemi Covid-19 tak akan hilang total dari muka bumi, khususnya Indonesia. Atas hal itulah dia dan jajarannya tengah mempersiapkan segala sesuatunya untuk hidup berdampingan dengan virus Corona.

"Kini, kita bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, dan menyambut pandemi ini sebagai endemi, karena Covid-19 tak kan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama," jelasnya dikutip dari media sosialnya pada Senin (27/9/2021).
Di sisi lain, Jokowi berujar kondisi perbaikan ini bisa diraih berkat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), vaksinasi massal, serta kesadaran masyarakat menjalankan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan saat ini pemerintah masih menyusun kebijakan pergeseran dari pandemi ke endemi. Namun, salah satu kalkulasi yang harus dipertimbangkan adalah munculnya varian-varian baru.

Karena itu, meski kekinian kondisi penanganan Covid-19 sudah membaik, namun seluruh lapisan masyarakat diminta tidak lengah. Jika itu terjadi maka akan kembali memunculkan lonjakan kasus yang berdampak pada diterapkannya PPKM Darurat. “Meski optimistis, kita harus tetap hati-hati. Mobilitas penduduk kini sudah mulai meningkat lagi. Jangan sampai pemerintah terpaksa menerapkan PPKM Darurat lagi,” ungkapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)