Survei: TNI-Polri Makin Dipercaya Masyarakat, DPR Urutan Bawah

loading...
Survei: TNI-Polri Makin Dipercaya Masyarakat, DPR Urutan Bawah
Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI meningkat menurut hasil survei Indikator Politik Indonesia terbaru. Foto/dok.SINDOnews
JAKARTA - Beragam isu yang menyeret lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) ternyata berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat. Hal ini tergambarkan dalam hasil survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia.

"Ini ada penurunan tingkat trust terhadap KPK. Menurut saya ini penting untuk disuarakan elemen civil society," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya secara daring, Minggu (26/9/2021).

Baca juga: KPK Bidik Anggota Banggar DPR Terkait Kasus yang Menjerat Azis Syamsuddin

Biasanya, kata dia, lembaga antirasuah ini berada di atas daftar lembaga yang dipercaya oleh masyarakat. Dia menyebut KPK hanya kalah tingkat kepercayaannya dengan lembaga TNI.



"Tapi sekarang merosot ke peringkat 4 dilihat dari tingkat kepercayaan publik terhadap KPK. Sudah tersalip oleh polisi," ujarnya.

Baca juga: Mahfud MD Akan Kerahkan TNI Polri Amankan KTT G20 2022 di Bali

Sementara, bicara soal lembaga DPR dan partai politik yang posisinya masih rendah, Burhanuddin mengaku sudah tak heran lagi. Dua lembaga itu kerap bermasalah dengan kepercayaan masyarakat di setiap hasil survei.

"Dari dulu tidak naik kelas tingkat kepercayaan publik terhadap kedua institusi ini. Tapi kalau KPK turun buat saya ini berita baru, meskipun buat masyarakat sipil ini bukan hal yang mengagetkan terutama setelah revisi UU KPK," pungkasnya.

Berikut daftar Lembaga berdasarkan peringkat kepercayaan masyarakat versi survei Indikator:
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top