Achmad Baidowi Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan Predikat Sangat Memuaskan

Rabu, 22 September 2021 - 05:52 WIB
loading...
Achmad Baidowi Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan Predikat Sangat Memuaskan
Politikus PPP Achmad Baidowi resmi mendapatkan gelar doktor (Dr) dengan predikat sangat memuaskan dari IPDN, Selasa (21/9/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Politikus PPP Achmad Baidowi resmi mendapatkan gelar doktor (Dr) dengan predikat sangat memuaskan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Selasa (21/9/2021). Pria yang akrab disapa Awiek ini mendapatkan gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke-149 setelah mempertahankan disertasi berjudul “Pengaruh Pengawasan dan Kompetensi Aparatur Desa Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Berbasis Aplikasi E-Village Budgeting di Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur”.

Dalam sidang terbuka yang dipimpin Direktur Pasca Sarjana Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si ini, Awiek mengatakan disertasinya secara konseptual terinspirasi dari isu penting efektivitas pengelolaan dana desa, yang di dalam pengelolaan dana desa tersebut terlaksana fungsi pengaturan dan fungsi pengawasan yang menjadi objek forma Ilmu Pemerintahan. Menurut Awiek yang juga sebagai wakil ketua Badan Legislasi DPR RI ini, dengan penerapan E-Village Budgeting, maka dengan sendirinya efektivitas pengelolaan dana desa berbasis aplikasi E-Village Budgeting di Kabupaten Banyuwangi tampak menjadi suatu fenomena pengelolaan keuangan desa yang berkorelasi dengan berbagai variabel.

Variabel-variabel yang dimaksud tak terbatas hanya di lingkungan internal pemerintah desa sebagai pihak yang berwenang mengelola dana desa. Sejumlah variabel yang berkorelasi dengan pengelolaan dana desa juga terdapat di lingkungan eksternal pemerintah desa.



Naskah disertasi dalam sidang ini merupakan penyempurnaan dari naskah sebelumnya yang telah dikonsultasikan kembali kepada tim promotor dengan memperhatikan bantuan dan saran secara lisan dan tulisan dari tim penguji atau penelaah. Ujian terbuka yang dilakukan dengan protokol kesehatan itu hanya dihadiri pihak keluarga sebanyak sepuluh orang, sedangkan kolega Awiek dapat mengikuti melalui aplikasi zoom.

Awiek mengaku sangat berterima kasih kepada kedua orang tuanya. Dengan penuh haru, Awiek menyampaikan bahwa keberhasilan itu sebelumnya mungkin tidak pernah terbayangkan. Namun, dirinya bertekad untuk untuk terus belajar dan menyelesaikan pendidikan setinggi mungkin. “Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada ibu dan emak serta dan almarhum bapak dan almarhum abah,” kata Baidowi yang juga sebagai ketua DPP PPP ini dalam siaran pers yang diterima SINDOnews.

Adapun para tim promotor yang terdiri dari Prof. Dr. Drs. Ermaya Suradinata, SH., MH., MS, Prof. Dr. Murtir Jeddawi, SH., MH, Prof. Dr. Drs. H. I Nyoman Sumaryadi, M.Si juga hadir melalui aplikasi zoom. Sementara Tim Penguji yang terdiri. Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si., Prof. Dr. Ngadisah, MA, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, MBA, CPA, CSFA, Dr. Hyronimus Rowa, M.Si, Dr. Ismail Nurdin, M.Si, Dr. Dadang Suwanda, SE, MM, Mak, Ak, CA, Dr. Udaya Madjid, M.Pd.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)