Reuni Taruna Seangkatan, Panglima TNI Kenang Dihukum Pakai Helm Tanpa Bagian Dalam

loading...
Reuni Taruna Seangkatan, Panglima TNI Kenang Dihukum Pakai Helm Tanpa Bagian Dalam
Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengenakkan helm dan senjata yang dia gunakan sewaktu menjadi taruna Akmil Magelang dulu. Foto/puspen tni
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengenang kembali masa-masa indah saat masih menjadi taruna akademi TNI. Hal ini disampaikan Hadi dalam reuni 35 Tahun pengabdian Adem 86 di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Senin (20/9/2021).

“Kita masih sama-sama ingat saat pendaftaran Catar (Calon Taruna), saat mengikuti seleksi di Lembah Tidar ini. Bagaimana ada kawan yang tidak lulus maupun ada yang lulus masuk Akademi, namun tidak seperti yang mereka cita-citakan,” kata Hadi dikutip dari siaran pers yang diterima Senin (20/9/2021). .

Reuni Taruna Seangkatan, Panglima TNI Kenang Dihukum Pakai Helm Tanpa Bagian Dalam

Hadi menyapa rekan sesama angkatan saat menjadi taruna Akmil Magelang dalam acara reuni. Foto/puspen tni

Bagi Hadi dan rekan seangkatannya, Adem 86 atau Ikatan Alumni Akabri 86 merupakan kisah panjang 39 tahun yang lalu saat memulai kehidupan Taruna pada tahun 1982 yang sangat indah untuk dikenang.



“Banyak tempat yang menyimpan kenangan di Akademi Militer. Kali Baben di Akmil telah merendam Perwira TNI-Polri tidak terbilang jumlahnya. Gunung Tidar dan sekitarnya serta masyarakat Magelang dan sekitarnya yang begitu perhatian saat taruna melaksanakan latihan,” ungkap Hadi dalam acara yang dihadiri perwakilan TNI-Polri dan diikuti secara Virtual oleh peserta lainnya tersebut.

Baca juga: DPR Ungkap Dua Calon Kuat Panglima TNI Pengganti Hadi Tjahjanto

Dia teringat kejadian-kejadian lucu saat menjadi taruna, salah satunya penglamannya dengan senjata. Lantaran belum pernah memegang senjata, pertama kali setelah diberikan untuk dibersihkan, Hadi pn mengutak-atiknya. Tapi apa yang terjadi? Tangan Hadi malah terjepit.

Para taruna juga tak jarang dihukum untuk mengenakan helm khusus. “Dulu sering kita juga dihukum karena kesalahan sehingga tidak boleh menggunakan dalaman helm, hanya helm luarnya saja Jadi kalau lari helm tidak stabil lari kanan kiri,” terang Hadi tersenyum bernostalgia.

Hadi pun menyempatkan diri memakai helm dengan nomor Akademi 335 sesuai dengan helm yang dulu dikenakan serta menyandang senjata yang dulu digunakannya sebagai taruna.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top