Hakim Panggil Ustaz Yahya Waloni Pekan Depan, Klarifikasi Pencabutan Praperadilan

Senin, 20 September 2021 - 17:15 WIB
loading...
Hakim Panggil Ustaz Yahya Waloni Pekan Depan, Klarifikasi Pencabutan Praperadilan
Ustaz Yahya Waloni dipanggil hadir dalam sidang pekan depan untuk mengklarifikasi perihal pencabutan gugatan praperadilannya. Foto/dok.SINDnews
A A A
JAKARTA - Sidang praperadilan atas status tersangka Ustaz Yahya Waloni akhirnya ditunda sepekan. Hakim meminta Yahya Waloni dihadirkan ke persidangan untuk mengklarifikasi pencabutan gugatan praperadilan seperti ditulisnya melalui surat.

"Kami akan memanggil M Yahya Waloni, daring atau tidak. Kami serahkan pada yang bisa menjaga keamanan (kepolisian)," ujar hakim tunggal Anry Widyo Laksono di persidangan PN Jaksel, Senin (20/9/2021).

Dia menganggap kehadiran Yahya Waloni penting mengingat adanya surat pencabutan praperadilan yang ditandatanganinya sendiri

"Penasihat hukum, kami berhati-hati dalam memeriksa perkara ini. Kami mengedepankan jangan-jangan ke depan sudah disidangkan (praperadilan) ini, (ternyata) sudah dicabut sesuai surat (Yahya Waloni)," tutur hakim Anry.



Setelah ada konfirmasi langsung dari Yahya Waloni, berikutnya adalah mengklarifikasi apakah benar dia telah mencabut Abdullah Alkatiri bersama tim sebagai kuasa hukumnya. Setelah ada klarifikasi, barulah pengadilan bisa memutuskan untuk melanjutkan sidang atau tidak.

"Kami bermaksud baik, tak memihak siapa pun. Kami ingin menanyakan, kebenaran ini belum terjawab apakah betul Yahya Waloni mencabut, sehingga perlu di hadapkan secara formal saja. Jangan sampai ternyata dicabut, tapi terap jalan (praperadilannya). Itu menjadi persoalan," katanya.

Selain Yahya, hakim juga memanggil Bareskrim Polri sebagai Termohon. Adapun sidang berikutnya rencananya digelar Senin (27/9/2021) mendatang.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)