Resmikan Rusun Pasar Rumput, Jokowi Ungkap Keistimewaannya

Senin, 20 September 2021 - 11:36 WIB
loading...
Resmikan Rusun Pasar Rumput, Jokowi Ungkap Keistimewaannya
Dua bocah bermain di depan pintu gerbang Rusun Pasar Rumput di Jakarta, Senin (13/9/2021). Rusun ini diresmikan Presiden Jokowi pada pagi tadi. FOTO/DOK.SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi pagi tadi meresmikan Rumah Susun ( Rusun ) Pasar Rumput. Rusun ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas sosial dan fasilitas umum.

"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, pada pagi hari ini saya resmikan Rusun Pasar Rumput beserta kios dan fasilitas Pasar Rumput Kota Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta," katanya, Senin (20/9/2021).

Jokowi bersyukur Rusun Pasar Rumput yang menelan biaya Rp970 miliar telah selesai dibangun dan siap untuk difungsikan. "Alhamdulillah Rumah Susun Pasar Rumput yang dilengkapi dengan kios pasar, fasilitas umum, dan fasilitas sosial, dan parkiran yang dibangun sejak tahun 2016, hari ini sudah selesai dan siap untuk difungsikan," ujarnya.

Baca juga: Habiskan Anggaran Rp16,9 Miliar, Rusunawa di Jepara Siap Dihuni MBR

Pada kesempatan itu Jokowi menguraikan beberapa keistimewaan Rusun Pasar Rumput. Salah satunya rusun tersebut dibangun dengan konsep mix use development.

"Mix use development yaitu tidak hanya rusun yang berfungsi sebagai hunian berupa 1.984 unit tipe 36 yang ada di lantai 4 sampai lantai 25, tetapi juga rusun ini dibangun di atas pasar dengan ratusan kios pasar dan los di lantai 1 dan lantai 2. Serta fasilitas sosial dan fasilitas umum yang lengkap," tuturnya.

Jokowi menyebut keberadaan pasar dengan yang lengkap tersebut akan memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi. Di antaranya berdagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya.

Keistimewaan lain yang diuraikan Jokowi adalah terkait dengan akses jalur transportasi yang mudah dan terintegrasi.

Baca juga: Anies Siapkan Rusun di Jatinegara untuk Tampung Warga Terdampak Normalisasi Kali Ciliwung

"Rusun Pasar Rumput ini juga istimewa karena didukung oleh jalur transportasi yang sangat baik, terintegrasi dengan busway dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas, memudahkan penghuninya untuk melakukan mobilitas," ujarnya.

Dia berharap dengan beroperasinya Rusun Pasar Rumput ini bisa membantu masyarakat memiliki hunian yang layak dan nyaman dengan lokasi strategis untuk melakukan kegiatan ekonomi. Apalagi rusun ini juga diperuntukkan menampung bagi masyarakat yang terdampak normalisasi.

"Saya juga senang mendengar bahwa rusun ini juga nantinya bisa menampung masyarakat dari sisi Sungai Ciliwung yang terdampak program normalisasi sungai bagi penanganan banjir," katanya.

"Keberadaan rusun ini semoga dapat meringankan beban masyarakat khususnya berkaitan dengan penyediaan hunian yang nyaman dan terjangkau dan membantu fasilitasi kegiatan produktif masyarakat kita," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)