Bahas Dampak Perubahan Iklim Terhadap Keamanan, Wakasal Hadiri Forum Pimpinan AL Dunia

Sabtu, 18 September 2021 - 17:06 WIB
loading...
Bahas Dampak Perubahan Iklim Terhadap Keamanan, Wakasal Hadiri Forum Pimpinan AL Dunia
Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono menghadiri International Seapower Symposium (ISS) 2021 di Newport, Rhode Island, Amerika Serikat. Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono menghadiri International Seapower Symposium (ISS) 2021 di Newport, Rhode Island, Amerika Serikat. Pertemuan para pemimpin Angkatan Laut dunia yang digelar dari 14-17 September 2021 ini membahas dampak perubahan iklim terhadap keamanan.

Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, mewakili KSAL Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Ketua Delegasi sekaligus pembicara di ISS ke 24 ini mengatakan, keikutsertaan TNI AL dalam kegiatan ISS ini merupakan wujud komitmen dalam melaksanakan peran yang diamanatkan Undang-Undang yaitu diplomasi Angkatan Laut atau Naval Diplomacy.

“Perubahan iklim di dunia akan membawa perubahan secara langsung maupun tidak langsung dalam tatanan kehidupan umat manusia bukan hanya bidang keamanan namun juga politik, ekonomi, sosial dan budaya. Umat manusia tidak akan bisa menghindarinya tetapi harus siap menghadapi dampak perubahannya tersebut,” ucapnya, Sabtu (18/9/2021).

Forum ISS merupakan kegiatan 2 tahunan yang telah dilaksanakan sejak 1969. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama maritim baik di tingkat regional dan global dengan menyatukan pandangan para pemimpin Angkatan Laut dan akademisi terkemuka di dunia. Kegiatan yang mengusung tema “International Security Implications of Climate Change” ini dihadiri secara langsung oleh 103 pemimpin Angkatan Laut, sementara 30 peserta lainnya mengikuti secara virtual.

Kehadiran TNI AL dalam event internasional ini mendapat apresiasi dari para peserta. Terbukti, sejak awal kegiatan di hari pertama para pemimpin Angkatan Laut dari berbagai negara dan pejabat pemerintahan di Amerika telah mengagendakan pertemuan bilateral dengan delegasi TNI AL.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)